Alat potong pada MasterCAM X untuk CNC Turning

Pengaturan pembubutan dengan CNC Turning dapat dipersiapkan menggunakan aplikasi MasterCAM X. Pengaturan baik berupa parameter pemesinan, pemrograman dan juga pengaturan jenis alat potongnya. Jenis alat potong pada MasterCAM X yang digunakan untuk mendukung proses CNC Turning dibagi menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan jenis pahat yang dapat disediakan pada aplikasi Mastercam X tersebut terdiri dari 6 kelompok sebagamana ditunjukkan pada gambar yaitu:

  • General turning, kelompok pahat yang digunakan untuk pengerjaan roughing maupun finishing pada pembubutan rata, bertingkat maupung facing.
  • Threading, kelompok pahat yang digunakan untuk pengerjaan ulir, baik ulir luar maupun ulir dalam.
  • Grooving, kelompok pahat yang digunakan untuk pembuatan alur atau berfungsi sebagai pahat potong.
  • Boring bar, kelompok pahat yang digunakan untuk pengerjaan bubut dalam atau perluasan lubang.
  • Drill, kelompok alat potong yang digunakan untuk membuat lubang atau menghaluskan lubang, yaitu: bor center, mata bor mauun reamer.
  • Custom, kelompok alat potong yang dapat ditentuan sendiri oleh pengguna.

Baca: Alat potong CNC Turning berdasarkan jenis pekerjaannya

Selain berdasarkan jenis kelompok pahat tersebut, database pahat yang tersedia pada Mastercam X juga dikelompokan berdasarkan parameter lainnya. Pengelompokan tersebut adalah: cutting side, operation type, tool material, turret position, insert parameter sebagaimana ditunjukkan juga pada gambar.

  • Cutting side merupakan kelompok alat potong yang terdiri dari right hand tools dan left hand tools. Penggunaan tersebut tergantung dari arah pembubutan yang dilakukan.
  • Operation type, adalah kelompok alat potong berdasarkan jenis pengerjaan yang berupa outer diameter dan inner diameter tools. Jenis alat potong untuk pembubutan luar dan pembubutan dalam, secara geometri tidak jauh berbeda, namun sedikit berbeda khususnya pada pemegangnya. (Baca: Prinsip kerja mesin bubut (Turning machine)
  • Tool material, merupakan kelompok alat potong dilihat dari jenis material yang digunakan, diantaranya adalah carbide, CBN, dan HSS.
  • Turret position, adalah kelompok alat potong dilihat dari posisi turet atau rumah pahatnya. Pilihan yang tersedia adalah top atau bottom turret.
  • Insert parameter merupakan kelompok alat potong berdasarkan pengaturan parameter insert-nya, yaitu IC diameter dan corner radius

Alat potong pada MasterCAM X untuk CNC Turning

Alat potong pada MasterCAM X jenis insert

Sebagian besar jenis alat potong pada MasterCAM X yang digunakan untuk proses CNC Turning adalah jenis insert (sisipan). Bentuk pahat sisipan yang digunakan untuk pengerjaan pembubutan umum (general turning) terdiri dari beberapa bentuk dan dimensinya sebagaimana ditunjukkan pada Gambar. Bentuk pahat tersebut terdiri dari bentuk segitiga (triangle), bulat (round), dan bentuk jajaran genjang dengan sudut pahat tertentu (80o, 55o). Data dimensi pahat dapat diisi sesuai kondisi yang ada atau mengikuti harga default yang tersedia pada Mastercam X. Data dimensi pahat dapat diperoleh dari standar pahat sisipan (inserts) dari ISO disesuaikan dengan bentuk benda kerja yang akan dibuat.

Pahat insert membutuhkan alat bantu yang berupa holders. Pemegang pahat (holders) merupakan pasangan pahat sisipan dan dimensinya disesuaikan dengan dimensi dan bentuk pahat sisipan yang digunakan. Macam dan ukuran pemegang pahat yang tersedia pada Mastercam X yang dapat digunakan untuk CNC Turning sebagaimana ditunjukkan pada gambar.

Alat potong pada MasterCAM X jenis insert

Masing-masing jenis alat potong pada MasterCAM X tersebut dapat diatur parameter pemesinan dengan menyesuaikan kondisi yang ada. Kondisi tersebut diantaranya adalah jenis bahan benda kerja yang dikerjakan, jenis material alat potongnya serta jenis proses pembubutannya.

Baca: Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X