Bagian-bagian ulir segitiga metris dan whitworth

Ulir adalah suatu garis atau alur/profil yang dibuat melingkar pada suatu poros dengan ukuran tertentu. Garis yang melilit pada silinder dimana mempunyai sudut kisar atau uliran tertentu. Berdasarkan bentuk profil alurannya maka ulir dikategorikan menjadi: ulir segitiga, ulir segi empat, ulir trapesium, ulir buttress dan ulir bulat. Masing-masing jenis ulir tersebut memiliki bagian-bagian ulir segitiga yang hampir sama akan tetapi dengan karakteristik yang berbeda.

Setiap jenis ulir sesuai bentuk profil ulir tersebut memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Misalnya ulir segitiga lebih cocok untuk digunakan untuk mengambung atau mengikat bagian/komponen mesin yang membubutuhkan kerapatan. Sedangkan ulir segiempat memiliki kekuatan yang lebih besar sehingga banyak digunakan pada poros pemindah daya. Sehingga setiap jenis ulir tersebut sudah seharsunya digunakan sesuai peruntukannya. Cara membubut ulir segitiga dengan bentuk profil lainnya secara umum hampir sama, perbedaannya pada bentuk dan sudut pahat ulir yang digunakan.

Baca: Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubut manual

Apabila dilihat dari arah gerak ulir maka dapat dibedakan menjadi ulir kanan dan ulir kiri. Ulir kanan adalah ulir yang apabila diputar searah jarum jam akan bergerak maju (meninggalkan/menjauhi operator). Sedangkan ulir kiri adalah ulir yang apabila diputar berlawanan arah jarum jam akan bergerak maju (meninggalkan/menjauhi operator). Pada umumnya jenis ulir yang banyak digunakan adalah ulir kanan. Ulir kiri biasanya digunakan untuk kebutuhan khusus misalnya sebagai ulir pada mur kontra pengikat arbor mesin frais. Namun demikian bagian-bagian ulir segitiga kanan maupun kiri adalah sama persis, yang berbeda adalah arah lilitan ulirannya.

Jenis ulir luar dan dalam

Selain itu juga dikenal jenis ulir berdasarkan posisi ulirnya yaitu ulir luar dan ulir dalam. Ulir luar adalah ulir yang posisinya pada diameter luar poros. Contoh aplikasi ulir luar ini adalah semua jenis baut dengan berbagai macamnya. Sedangkan ulir dalam adalah ulir yang posisinya pada diameter dalam/lubang sutau poros. Contoh aplikasi ulir dalam ini adalah semua jenis mur pengikat dengan berbagai macamnya. Namun demikian bagian-bagian ulir segitiga luar maupun ulir dalam adalah sama persis, yang berbeda adalah hanya pada posisi pada poros dan lubang saja. Setiap jenis ulir tersebut memiliki standar ukuran yang dapat dijadikan dasar untuk pemilihan penggunaannya.

Baca: Ukuran standar ulir segitiga metris dan whitworth

.

Bagian-bagian ulir segitiga yang utama

Ulir dengan berbagai jenisnya sebagaimana dijelaskan diatas memiliki bagian-bagian khusus. Seorang operator mesin bubut harus mengetahui nama bagian-bagian ulir segitiga tersebut sebelum melakukan proses pembubutan. Nama-nama bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pitch (p) merupakan jarak antara titik puncak ulir yang satu dengan puncak berikutnya yang memiliki spasi seragam apabila diukur sejajar dengan sumbu benda kerja. Besarnya jarak inilah yang nantinya digunakan sebagai pedoman perhitungan diameter dan pengerjaan pembubutannya.
  2. Diameter mayor (d) atau sering disebut diameter luar, yaitu diameter terbesar atau terluar dari batang ulir.
  3. Diameter minor (dr atau d1) atau sering disebut diameter dalam, yaitu bagian diameter terkecil dari batang ulir. (Baca: Pemesinan Bubut untuk Vokasi)
  4. Pitch diameter (dm atau d2), merupakan ukuran diameter imaginer dimana lebar dan tinggi alur sama besar, namun demikian pada hasil pengerjaan tidak untuk diukur menggunakan jangka sorong biasa.
  5. Root merupakan bagian dasar pada batang ulir yang merupakan bagian yang tersayat oleh ujung pahat ulir.
  6. Crest merupakan bagian atas/puncak ulir yang merupakan bagian terluar pada pengukuran diameter luar ulir.
  7. Thread angle adalah sudut ulir diantara crest.
  8. Depth merupakan jarak tegak lurus dari puncak ulir sampai dengan dasar ulir, atau sering disebut sebagai tinggi ulir.
  9. Lead (kisar) adalah jarak ulir satu putaran diukur sejajar terhadap sumbu. Lead sama dengan dua kali pitch pada ulir double atau 3 kali pitch pada ulir triple.

.

Bagian-bagian ulir segitiga

Jenis pekerjaan lainnya yang dapat dikerjakan menggunakan mesin bubut, Baca: Jenis pekerjaan pembubutan dengan mesin bubut

Kata kunci pencarian:

  • bagian-bagian ulir
  • gambar ulir metris