Bagian bagian utama mesin bubut dan fungsinya

Sobat Mesin yang keren, artikel kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai bagian bagian utama mesin bubut beserta fungsi dari setiap bagian tersebut. Mesin bubut memiliki banyak bagian-bagian mesin bubut yang memiliki fungsi masing-masing. Fungsi setiap bagian tersebut secara simultan mendukung kinerja mesin bubut secara keseluruhan. Secara garis besar ada 4 (empat) bagian bagian utama mesin bubut yang perlu diketahui terlebih dahulu. Setelah itu baru mempelajari lebih detail mengenai bagian mesin bubut dan fungsinya secara keseluruhan.

4 bagian bagian utama mesin bubut dan fungsinya

Sobat mesin, ada 4 bagian utama mesin bubut yang perlu diketahui, seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini. Ke-empat bagian tersebut adalah: 1) Kepala tetap/head stock, 2) Kepala lepas/tail stock, 3) Alas mesin/bed, dan 4) Eretan (Carriage/ Support). Berikut ini akan dijelaskan secara garis besar masing-masing bagian tersebut, dari aspek definisi maupun fungsinya. Silahkan dibaca dengan seksama ya supaya lebih mudah memahami.

Bagian bagian utama mesin bubut dan fungsinya
Kepala tetap (head stock)

Kepala tetap adalah bagian utama mesin bubut yang berfungsi untuk menyangga poros utama yang merupakan penggerak spindel utama. Bagian ini terletak di sisi sebelah kiri mesin. Pada spindel utama dipasang cekam yang berfungsi untuk menjepit benda kerja yang sedang dikerjakan. Selain itu, pada kepala tetap ini adalah bagian yang berfungsi sebagai dudukan motor penggerak dan susunan roda gigi transmisi yang digunakan untuk mengatur kecepatan putaran benda kerja sesuai keperluan. Pengaturan kecepatan putaran dapat dilakukan dengan menggunakan handle yang tersedia. Pengaturan untuk pembubutan ulir juga dapat diatur pada handle yang tersedia pada bagian kepala tetap ini.

Baca: Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubut

Kepala lepas (tail stock)

Bagian bagian utama mesin bubut berikutnya adalah kepala lepas atau disebut juga tail stock. Kepala lepas merupakan center kedua pada mesin bubut terletak di sebelah kanan dan dapat digeser sepanjang meja/alas mesin. Kepala lepas ini memiliki tinggi center yang sama dengan center kepala tetap. Bagian mesin bubut ini berfungsi untuk tempat pemasangan center kepala lepas yang digunakan sebagai penumpu ujung benda kerja, selain itu dapat digunakan sebagai dudukan penjepit mata bor pada saat melakukan pengeboran. Selain digeser sepanjang alas atau meja mesin, kepala lepas juga dapat digeser dalam arah melintang, yaitu pada saat proses pembubutan benda kerja dengan bentuk konis/tirus.

Baca: Cara Membubut Tirus dengan Menggeser Kepala Lepas

Alas mesin (bed)

Bagian mesin bubut ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai lintasan dan penyangga eretan (support) dan kepala lepas. Selama proses pembubutan berlangsung pergerakan eretan maupun kepala lepas akan melintas di atas meja/alas tersebut. Untuk memperoleh akurasi dan kelurusan hasil pembubutan, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membuat meja/alas ini agar memiliki permukaan yang rata, halus dan lurus. Meja mesin ini merupakan salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian lebih dalam perawatannya. Selalu dijaga pelumasannya agar terhindar dari karat sehingga pergerakan eretan maupun kepala lepas dapat meluncur dengan baik.

Eretan (Carriage/ Support)

Sobat Mesin, bagian bagian utama mesin bubut yang terakhir adalah eretan atau support. Eretan merupakan bagian mesin bubut dan fungsinya adalah sebagai dudukan sekaligus penghantar alat potong/pahat agar dapat bergerak sepanjang alas mesin baik bergerak dalam arah membujur maupun melintang. Kondisi eretan ini mempengaruhi kualitas hasil pemotongan oleh pahat maupun akurasi ukuran benda kerja. Akurasi ukuran hasil pembubutan dapat diperoleh dengan mengatur gerak langkah pemakanan alat potong/pahat bubut oleh bagian eretan ini dengan menggunakan skala nonius yang terdapat pada setiap eretan. Eretan ini terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Eretan bawah yang berjalan membujur sepanjang alas mesin,
  • Eretan lintang yang bergerak tegak lurus terhadap alas mesin, dan
  • Eretan atas yang digunakan untuk menjepit pahat bubut, dan dapat diputar ke kanan atau kekiri sesuai dengan sudut yang dikehendaki, khususnya pada saat mengerjakan benda-benda yang konis/tirus. Dalam operasinya, eretan ini dapat digerakkan secara manual maupun otomatis.

Baca: Cara menggunakan skala nonius pada eretan mesin bubut

Rangkuman:

Sobat Mesin, secara ringkas bagian mesin bubut dan fungsinya dapat disarikan sebagai berikut:

  • Kepala tetap; berfungsi untuk menopang poros utama mesin bubut yang merupakan penggerak spindel utama.
  • Kepala lepas; berfungsi sebagai tempat pemasangan center untuk menopang ujung benda kerja
  • Alas mesin; berfungsi sebagai lintasan dan penyangga eretan (support) dan kepala lepas.
  • Eretan; berfungsi sebagai dudukan sekaligus penghantar alat potong maupun pahat

Bagian bagian mesin bubut dan fungsinya tersebut berlaku juga untuk berbagai jenis mesin bubut yang ada, khususnya mesin bubut manual (Baca: Jenis jenis mesin bubut dan fungsinya)

Kata kunci pencarian:

  • bagian bagian mesin
  • bagian bagian mesin bubut