Cara memasang benda kerja pada mesin bubut manual

Pencekaman benda kerja pada mesin bubut sangat bergantung terutama pada bentuk geometris benda kerja dan tingkat presisi yang dibutuhkan. Artikel kali ini akan membahas tentang cara memasang benda kerja pada mesin bubut. Benda kerja pada mesin bubut dapat dipegang dengan beberapa cara yaitu: diantara senter, menggunakan mandrel, dicekam dengan chuck, atau menggunakan plat pembawa.

Memegang benda kerja diantara 2 senter

Sebuah dog plate (1) dan lathe dog (2) dapat digunakan sebagaimana ditunjukkan pada Gambar . Pemegangan tersebut merupakan suatu cara yang akurat untuk memegang benda kerja yang panjang. Penggunaan senter kepala lepas baik berupa senter mati atau senter jalan sangat diperlukan ketika bekerja dengan putaran yang tinggi. Pada beberapa kasus, juga diperlukan penyangga tetap maupun penyangga jalan untuk mendukung benda kerja yang panjang untuk mencegah terjadinya defleksi akibat gaya pemotongan. Metode ini merupakan cara memasang benda kerja pada mesin bubut yang paling tepat untuk pengerjaan pembubutan sepanjang benda kerja.

Baca juga: Fungsi senter putar pada mesin bubut dan cara penggunaannya

Cara memasang benda kerja pada mesin bubut

Menjepit benda kerja berongga menggunakan mandrel

Mandrel biasanya digunakan untuk memegang benda kerja yang sebelumnya sudah dilakukan dilubangi. Benda kerja yang akan dibubut dipasang pada sebuah mandrel kerucut dengan ketirusan 0.001 dan diberikan lubang senter untuk didukung diantara dua senter menggunakan a dog plate and a lathe dog. Mandrel yang diperluas terdiri dari batang kerucut, lengan split dan mur. Benda kerja dipegang oleh perluasan lengan, karena yang terakhir dipindahkan di sepanjang batang kerucut oleh mur. Mur menghilangkan pekerjaan dari mandrel. Ada sebuah flat di sebelah kiri batang berbentuk kerucut yang digunakan untuk baut pengikat dari pengarah lathe dog. Metode ini adalah cara memasang benda kerja pada mesin bubut khususnya untuk pengerjaan blank roda gigi lurus, helix maupun payung.

Baca juga: Cara menggunakan collet pada mesin bubut manual

Menjepit benda kerja dengan menggunakan cekam

Cara memasang benda kerja pada mesin bubut dengan menggunakan cekam adalah yang paling umum digunakan untuk benda kerja yang pendek. Jika panjang benda kerja jauh lebih besar dari diameternya maka pada bagian ujung dapat didukung dengan senter kepala lepas baik senter mati maupun senter putar. Cekam ada yang rahang 3 otomatis maupun rahang 4 independen. Selain itu juga dapat digunakan cekam dengan jenis cekam pneumatic yang biasanya digunakan dalam produksi massal dengan untuk meningkatkan tingkat otomasi.

Baca juga: Macam macam cekam mesin bubut dan fungsinya

Memegang benda kerja pada plat pembawa

Benda kerja yang berukuran besar yang tidak dapat dijepit dengan menggunakan cekam dapat dipasang secara langsung menggunakan plat pembawa atau dipasang pada pengepas (fixture) yang dilekatkan pada plat pembawa. Benda kerja dan pelat sudut harus diimbangi dengan menggunakan penyeimbang yang dipasang pada posisi berlawanan pada plat pembawa. Perlengkapan pelat telah terbukti sangat efisien dalam mengerjakan benda kerja asimetris dari bentuk kompleks dan tidak beraturan. Metode ini merupakan cara memasang benda kerja pada mesin bubut yang paling cocok untuk benda kerja yang tidak simetris.

Baca juga: Kacamata jalan pada mesin bubut dan cara memasangnya

Kesimpulan

Pemilihan dan pengunaan cara memasang benda kerja pada mesin bubut dengan mempertimbangkan bentuk profil benda kerja, ukuran dan juga tingkat kualitas permukaan hasil benda kerja.