Cara memasang pahat pada tool post mesin bubut

Alat potong yang berupa pahat bubut merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam proses pembubutan. Hal ini agar memperoleh hasil kualitas benda kerja yang optimal. Prinsip dasar terkait alat potong adalah gunakan jenis alat potong yang sesuai dengan jenis pembubutan. Selain itu juga pastikan tinggi ujung sisi sayat alat potong setinggi senter benda kerja. Peralatan pendukung untuk penggunaan alat potong diantaranya adalah berupa: tool post standart, quick change tool post dan radius turner tool post. Pada artikel kali ini hanya akan membahas cara memasang pahat pada tool post standart mesin bubut.

Baca juga: Bagian bagian utama mesin bubut dan fungsinya

Tool post berfungsi sebagai rumah pahat atau tempat mengikat pahat bubut. Tool post pada umumnya dapat digerakan memutar baik searah jarum jam maupun berlawanan jarum jam. Perputaran ini diperlukan ketika mengatur posisi ujung sayat pahat terhadap benda kerja yang akan disayat. Yang dimaksud dengan toolpost standar adalah pada saat mengatur ketinggian ujung sisi sayat pahat bubut harus dengan memberikan plat pengganjal sampai dengan diperoleh ketinggian sesuai tinggi senter benda kerja tercapai. Agar memperoleh ketepatan ketinggian senter tersebut maka perlu memperhatikan cara memasang pahat pada tool post dengan prosedur yang benar.

Selanjutnya pengencangan pahat bubut pada rumah pahatnya dilakukan dengan mengencangkan baut-baut pengikat yang terdapat pada bagian pemegang pahat. Selain digunakan untuk memegang pahat, toolspost ini juga dapat digunakan untuk memegang alat potong lain misalnya pada saat pekerjaan mengkartel. Tool post sebagaimana dimaksud seperti ditunjukkan pada Gambar berikut.

Cara memasang pahat pada tool post mesin bubut

Toolpost standar ini apabila dilihat dari jenis dudukannya maka terdapat dua jenis yaitu, dudukan satu dan empat. Toolpost standart dengan dudukan satu hanya dapat digunakan untuk mengikat/menjepit pahat bubut sebanyak satu buah. Sehingga setiap berganti jenis pekerjaan pembubutan maka pahat harus dilepas untuk diganti dengan jenis yang sesuai pekerjaan. Sedangkan pemegang pahat dengan dudukan empat dapat digunakan untuk mengikat/menjepit pahat sebanyak empat buah sekaligus, sehingga apabila dalam proses pembubutan membutuhkan beberapa bentuk pahat bubut maka dapat dipasang sekaligus, dan pada saat membutuhkan tinggal memutar arah toolpost sesuai pahat yang akan digunakan. Proses pekerjaan akan lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan toolpost dudukan satu. Namun pada prinsipnya cara memasang pahat pada tool post standart baik dudukan satu atau empat adalah hampir sama.

Baca juga: Macam-macam tool post pada mesin bubut manual

Cara memasang pahat pada tool post

Berikut ini akan dijelaskan langkah dan cara memasang pahat pada tool post standart. Pemasangan pahat bubut pada toolpost standar ini sebaiknya mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mengendorkan semua baut pengikat, sehingga nantinya pahat dengan mudah dapat ditempatkan pada rumah pahat dengan posisi yang rata dan lurus.
  • Memastikan rumah pahat bersih dari bram maupun kotoran lainnya.
  • Menempatkan plat pengganjal dengan ketebalan yang mencukupi untuk mendukung pahat sehingga ujung sis sayat pahat setinggi senter benda kerja.
  • Menempatkan pahat bubut dengan posisi yang rata dan lurus terhadap posisi toolpost.
  • Mengencangkan baut-baut pengikat rumah pahat sampai dengan pahat benar-benar terikat dengan kencang dan aman.
  • Mengatur posisi pahat terhadap benda kerja sesuai kebutuhan agar sudut sayat dan sudut bebas dapat difungsikan secara optimal. Pengaturan ini dengan mengendorkan dan kemudian menngencangkan baut/tuas utama yang terdapat pada bagian atas toolpost.
  • Memastikan juga tinggi ujung sisi sayat pahat sudah setinggi senter benda kerja, maka pahat siap digunakan untuk proses pembubutan. Apabila ujung sisi sayat belum setinggi senter maka kendorkan kembali baut pengikat pahat dan atur plat pengganjal sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara kerja mesin bubut konvensional

Kelemahan cara memasang pahat pada tool post standart bawaan mesin bubut adalah pada pengaturan untuk memperoleh tinggi senter pahat yang mengandalkan penggunaan plat pengganjal. Pengaturan tinggi senter pahat memerlukan waktu yang relatif lama karena harus bongkar pasang plat pengganjal sedemikian rupa agar memperoleh tinggi mata sayat pahat setinggi senter. Selain itu hasil ketinggian senter pahatnya sulit untuk memperoleh tingkat presisi karena sangat tergantung ketersediaan variasi tebal plat pengganjal.

Kata kunci pencarian:

  • jelaskan cara menjepit pahat bubut rata pada toolpost
  • Jelaskan prosedur bongkar pasang tool post
  • langkah langkah untuk memasang pahat bubut
  • tool pos terletak pada