Cara membuat poros eksentrik menggunakan cekam rahang tiga otomatis

Pembuatan poros eksentris juga dapat dilakukan dengan menggunakan cekam rahang 3 otomatis. Kelebihan cara membuat poros eksentrik dengan menggunakan cekam rahang 3 otomatis adalah penyetelan sumbunya yang sangat mudah, karena hanya menambah ganjal pada salah satu rahang maka sumbu eksentriknya langsung terbentuk. Namun demikian pengaturan posisi ganjal dan penjepitannya harus diperhatikan agar kuat dan aman selama proses pengerjaan pembuatan eksentrisnya. Langkah awal pekerjaan pembubutan adalah dengan mencermati gambar kerja. Hasil pencermatan pada gambar tersebut diperoleh informasi bahwa material benda kerja adalah dari mild steel dengan ukuran awal sebesar Ø25X55 mm. Harga kekasaran permukaan yang diinginkan adalah sebesar N6 dan tidak terdapat tanda pengerjaan khusus lainnya. Tanda batas toleransi tidak ada yang tertulis secara khusus, hal ini menunjukkan bahwa toleransi ukuran yang digunakan adalah toleransi umum. Jenis pekerjaan pada job ini cukup banyak yaitu: bubut muka, bubut rata bertingkat, champer, dan membubut eksentris.

Baca juga:

Persiapan cara membuat poros eksentrik.

Langkah persiapan ini adalah menyiapkan blank benda kerja yang akan dibuat poros eksentrik. Langkah persiapan blank benda kerja cara membuat poros eksentrik dengan menggunakan rahang 3 otomatis hampir sama dengan proses menggunakan rahang 4 indepedent. Silahkan baca kembali: Cara membubut poros eksentrik menggunakan cekam independent. Perbedaan utamanya adalah pada proses perhitungan dan pembuatan ganjal yang akan digunakan. Posisi ganjal dan rumus perhitungan tebal ganjal tersebut sebagaimana ditunjukkan pada gambar.

rumus cara membuat poros eksentrik

Pengerjaan cara membuat poros eksentrik.

  1. Setelah blank benda kerja disiapkan sebagaimana pada langkah sebelumnya. Berdasarkan gambar kerja misalnya besarnya pergeseran sumbu adalah 5 mm.
  2. Selanjutnya adalah melakukan perhitungan tebal ganjal, sesuai dengan rumus yang ada tersebut.

perhitungan cara membuat poros eksentrik

  1. Selanjutnya memasang benda kerja pada cekam rahang 3 otomatis yang pada salah satu rahangnya diberikan ganjal yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  2. Langkah penyayatan bagian eksentrisnya sama seperti pada saat menggunakan cekam independent rahang 4. Sebaiknya menggunakan putaran benda kerja yang lebih rendah dari hasil perhitungan rumus standarnya untuk alasan keselamatan. Hal ini dikarenakan adanya jarak eksentris sehingga pada saat penyayatan awal akan terjadi pembubutan yang discontinue, yaitu pada satu siklus putaran benda kerja akan ada saat pahat menyayat benda kerja dan bebas tanpa menyayat. Hal ini akan mengakibatkan adanya beban kejut pada pahat bubut maupun benda kerja. Panjang pembubutan lurus rata untuk Ø10 sepanjang 20 mm.

posisi ganjal cara membuat poros eksentrik

Baca juga: