Cara membubut lurus pada mesin bubut manual

Pembubutan lurus atau rata yaitu pengerjaan benda kerja yang dilakukan sepanjang garis sumbunya atau arah memanjang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan ukuran diameter benda kerja maupun panjang yang dikehendaki. Proses pembubutan ini digunakan untuk membuat poros atau benda-benda yang silindris sederhana. Membubut silindris dapat dilakukan sekali atau dengan permulaan kasar yang kemudian dilanjutkan dengan pemakanan halus atau finishing. Cara membubut lurus ini biasanya dilakukan untuk mengurangi ukuran diameter benda kerja. Pahat yang digunakan pada umumnya adalah pahat rata kanan. Arah pergerakan pahat sebagaimana ditunjukkan pada Gambar.

Sebelum melakukan pembubutan lurus sebaiknya melakukan dua hal berikut ini. Pertama, mengukur diameter awal benda kerja. Hal ini untuk mempermudah menentukan tebal penyayatan pada setiap langkah penyayatannya. Selain itu untuk memperkirakan panjang bagian benda kerja yang harus dijepit atau dikerjakan. Kedua, mempersiapkan pahat dengan sudut dan geometri yang standar. Hal ini agar penyayatan dapat dilakukan dengan baik dan dapat memperoleh kualitas permukaan yang halus.cara membubut lurus

Langkah kerja cara membubut lurus

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses pembubutan lurus/rata adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan jenis pahat yang sesuai (biasanya pahat rata kanan) dan pastikan ujung sisi sayat pahat sudah diatur setinggi center benda kerja. Pastikan juga pengikatan pahat kuat serta sudut bebas pada posisi yang tepat. Hal ini agar kinerja mesin dapat optimal dan memperoleh hasil benda kerja yang baik.
  2. Pastikan pencekaman benda kerja sudah dilakukan dengan baik dan benar yaitu benda kerja dicekam dengan kuat dan posisi benar-benar center/tidak oleng. Apabila pencekaman benda kerja masih kondisi oleng tetapi tetap dipaksakan untuk dilakukan pembubutan maka akibatnya adalah diameter benda kerja yang dihasilkan akan terjadi tirus antara ujung benda kerjanya.
  3. Feeding pembubutan dan depth of cut perlu diatur dengan memperhatikan kebutuhan terkait dengan kualitas permukaan benda kerja yang diinginkan dan waktu pengerjaan yang tersedia. Apabila pengurangan diameter cukup tebal maka sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap penyayatan. Tahap awal dengan langkah pengasaran dengan menggunakan feeding dan deep of cut yang lebih besar agar menghemat waktu. Setelah itu dilakukan pekerjaan finishing dengan menggunakan feeding dan deep of cut yang sangat kecil agar diperoleh kualitas pemerkaan benda kerja yang optimal.
  4. Upayakan mengontrol panjang pergerakan pahat pada arah memanjang menggunakan eretan bawah sedangkan arah melintang menggunakan eretan lintang. Hal ini agar lebih mudah memperoleh ukuran yang tepat sesuai gambar kerja dengan lebih mudah, serta mengurangi pengukuran yang berulang menggunakan jangka sorong selama proses pekerjaan.
  5. Upayakan menjalankan eretan baik memanjang maupun lintang dengan mode otomatis agar feeding yang digunakan dapat dikontrol konsisten dan juga meringankan pekerjaan operator.

Demikian adalah cara membubut lurus secara singkat yang dapat dilaksanakan khususnya pada pembubutan poros sederhana. Pekerjaan pembubutan lainnya dapat dibaca di Jenis Pekerjaan pembubutan

Kata kunci pencarian:

  • cara membubut supaya halus