Cara menggunakan collet pada mesin bubut manual

Collet merupakan salah satu kelengkapan mesin bubut yang memiliki fungsi khusus. Collet digunakan untuk menjepit/mencekam benda kerja yang sudah memiliki permukaan yang halus dan ukuran diameter yang kecil. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan collet pada mesin bubut manual. Tidak semua jenis pekerjaan pada mesin bubut memerlukan alat bantu yang berupa collet, tetapi hanya pekerjaan khusus tertentu yang akan memerlukan collet untuk mencekam benda kerja yang akan dikerjakan.

Baca juga:

Collet biasanya digunakan untuk benda kerja yang memerlukan pengerjaan dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Collet memiliki kontruksi berbentuk silinder dengan kepala yang dibuat tirus dan ukuran badan collet yang lebih ramping yang memiliki alur-alur atau belahan pada sepanjang kepala dan sebagian badannya. Selain itu pada bagain ujung collet terdapat ulir. Bentuk lubang pencekam pada collet ada yang berbentuk bulat segi empat maupun segi enam. Collet juga memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda sesuai fungsi penggunaannya, di mana ukuran diameter benda kerja yang dapat dijepit oleh collet tersebut dapat dilihat pada bagian muka collet.

Cara menggunakan collet pada mesin bubut manual

Cara menggunakan collet pada mesin bubut

Penggunaan collet pada mesin bubut standar, dipasang pada spindel kepala tetap dan masih memerlukan dudukan/rumah kolet (collet adapter) dan batang penarik (drawbar), perhatikan Gambar di atas. Langkah pemasangan collet pada kepala tetap mesin bubut dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Rumah collet dipasang terlebih dahulu pada spindel kepala tetap. Pastikan bahwa cekam sudah tidak terpasang pada spindel mesin yang akan menggunakan collet.
  • Selanjutnya collet dimasukkan ke dalam rumah collet dengan benar/lurus.
  • Kemudian batang penarik dimasukkan ke dalam rongga spindel mesin dari arah belakang. Pastikan posisinya sudah benar
  • Kemudian mur pemutar pada batang penarik diputar searah jarum jam sehingga uliran batang penarik berpasangan dengan uliran pada ujung collet.
  • Apabila colllet tersebut akan digunakan untuk menjepit benda kerja, maka benda kerja dengan ukuran diameter yang sesuai dimasukkan ke dalam lubang collet, selanjutnya batang penarik diputar terus sampai ketat sehingga collet akan tertarik masuk ke dalam lubang tirus rumah kolet, sehingga benda kerja akan terjepit dengan kuat.

Baca juga: Mencegah kecelakaan kerja pada pekerjaan mesin bubut

Kesimpulan

Collet hanya digunakan pada pekerjaan dengan benda kerja yang memiliki diameter kecil dan permukaan halus. Cara menggunakan collet pada mesin bubut harus dilakukan dengan prosedur yang benar dan selamat.

Kata kunci pencarian:

  • apa fungsi alat collet pada mesin bubut
  • Apa kegunaan dari collet mesin bubut
  • collet mesin bubut
  • kelebihan cekam collet