Achmad Arifin

Pemesinan CNC CAD/CAM Welding

Menu

Cara menggunakan skala nonius pada eretan mesin bubut

December 29, 2017 | Pemesinan Manual

Ketepatan ukuran benda kerja hasil pemesinan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Setiap eretan pada mesin bubut baik eretan atas, lintang maupun bawah dilengkapi dengan skala ukuran dengan tingkat ketelitian yang berbeda. Skala ukuran ini terdiri dari skala utama dan skala nonius. Fungsi skala nonius ini adalah untuk membantu operator mesin bubut agar dapat mengatur pergerakan pahat dengan jarak yang tertentu sesuai gambar kerja yang ada. Cara menggunakan skala nonius perlu dikuasai dengan baik oleh operator mesin bubut. Pekerjaan pembubutan dapat dilaksanakan dengan efektif-efisien apabila memanfaatkan fungsi skala nonius yang terdapat pada setiap eretan dengan optimal. Operator tidak perlu terlalu sering melakukan pengukuran terhadap benda kerja yang sedang dikerjakan.

Salah satu skala ukuran nonius yang dapat digunakan adalah pada eretan bawah. Tingkat ketelitian skala nonius pada eretan bawah pada umumnya adalah satu strip sebesar satu milimeter. Hal itu menunjukkan bahwa setiap eretan diputar/digerak satu strip maka pahat akan menyayat benda kerja sebesar satu millimeter juga. Apabila eretan digerakan/diputar sebesar 15 strip maka pahat akan menyayat benda kerja sebesar 15 mm, demikian seterusnya. Cara menggunakan skala nonius yang tepat juga akan mempermudah memperoleh ukuran benda kerja yang presisi agar tercapai batas toleransi yang dipersyaratkan.

Baca: Toleransi ukuran pada proses pemesinan

Cara menggunakan skala nonius

Cara menggunakan skala nonius pada eretan bawah

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan cara menggunakan skala nonius yang terdapat pada eretan bawah mesin bubut. Namun demikian dengan cara yang sama dapat diaplikasikan pada eretan yang lain yang ada di mesin bubut. Sebagai contoh, misalkan akan dibubut poros bertingkat, salah satu ukurannya adalah panjang 12 mm. Berikut ini dijelaskan contoh penggunaan skala nonius pada eretan bawah agar dapat diperoleh ukuran panjang yang presisi sebesar 12 mm sebagaimana yang dimaksud. Langkah-langkah penggunaan adalah sebagai berikut:

  1. Mengatur posisi pahat sedemikian rupa agar siap digunakan pada proses pembubutan memanjang.
  2. Menyentuhkan/menyayatkan sedikit ujung pahat pada sisi kanan benda kerja.
  3. Mengatur skala nonius yang terdapat pada eretan bawah dengan menempatkan posisi strip 0 (nol) tepat pada penunjuk/penanda yang tersedia. Perhatikan pada gambar yang ada. Cara pengaturan ini dengan hanya memutar bagian skala saja tanpa memutar handle
  4. Mengatur kedalaman pemotongan sesuai yang diinginkan.
  5. Melakukan penyayatan benda kerja dengan memutar eretan bawah ke arah kiri atau berlawanan jarum jam. Perhatikan angka dan strip pada skala nonius dan hentikan pergerakan eretan tepat pada strip ke-12 pada penanda.
  6. Apabila pengaturan awal yang dilakukan sudah benar, maka akan diperoleh panjang pembubutan sebesar 12 mm.

Cara menggunakan skala nonius pada eretan bawah tersebut dapat diaplikasikan pada eretan yang lain. Langkah penggunaannya sama dan dapat dilakukan pada penggunaan eretan kepala lepas, eretan atas maupun eretan lintang. Operator perlu memperhatikan bahwa tingkat ketelitian masing-masing skala tersebut berbeda pada setiap jenis mesin bubut. Oleh kerena itu sebaiknya dicek dan dicermati terlebih dahulu berapa besar tingkat ketelitiannya sebelum digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan pembubutan.

Baca: Jenis pekerjaan pembubutan dengan mesin bubut

Kata kunci pencarian:

  • cara membaca garis di mesin bubut di eretan melintang
  • teknik pembubutan menggunakan eretan bawah
  • skala nonius mesin bubut
  • harga per strip pada eretan mesin bubut
  • cara pergerakan pemakanan eretan mesin bubut
  • cara menggunakan skala ukuran pada handel mesin bubut
  • cara menggunakan skala nonius mesin bubut
  • cara menggunakan skala nonius eretan atas pada mesin bubut
  • cara membubut dengan menggunakan skala mesin
  • cara membaca hendel pada mesin bubut dg sekala nonius 0 04

Artikel yang relevan dengan Cara menggunakan skala nonius pada eretan mesin bubut

Page

    Page

      Page