Fungsi senter putar pada mesin bubut dan cara penggunaannya

Sobat Mesin…..pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu peralatan bantu yang sering digunakan pada proses pemesinan bubut. Khususnya adalah fungsi senter putar pada mesin bubut. Topik ini sepertinya hal sepele tetapi perlu juga dibahas karena para pengguna mesin bubut sering kali salah memilih dan menggunakan antara senter mati dan senter putar pada mesin bubut.

Senter merupakan peralatan mesin bubut yang digunakan untuk menopang benda kerja yang sedang dibubut, baik pada saat dibubut rata maupun dibubut tirus. Senter terbuat dari baja yang dikeraskan dan dipasang pada kepala lepas. Untuk dapat bekerja menggunakan senter, maka ujung benda harus dibuat lubang terlebih dahulu dengan menggunakan bor senter. Lubang ini dimaksudkan sebagai tempat atau dudukan kepala senter. Penggunaan senter ini dimaksudkan untuk menjaga atau menahan benda kerja agar kelurusannya terhadap sumbu tetap terjaga. Hal ini merupakan fungsi utama dari fungsi senter putar pada mesin bubut.

Selain itu juga menahan benda kerja agar tidak oleng, terutama pada tipe pengerjaan bubut yang menimbulkan gaya yang besar yaitu proses mengulir dan mengkartel. Pada bagian ujung senter ini berbentuk runcing dengan sudut ketirusan sebesar 60 derajat. Sementara pada sisi yang lainnya, berbentuk tirus dengan suaian fit untuk dipasangkan pada bagian kepala lepas mesin bubut.

Baca juga:

Ada dua jenis senter, yaitu senter jalan/putar dan senter mati/tetap. Senter jalan atau juga disebut senter putar adalah senter yang posisi ujung senternya selalu berputar mengikuti putaran benda kerja pada saat digunakan. Sedangkan senter mati atau senter tetap adalah senter yang posisi ujung senternya diam tidak ikut berputar dengan putaran benda kerja pada saat digunakan. Gambar di bawah menunjukkan jenis senter mati, senter jalan dan posisi pemasangan senter pada kepala lepas mesin bubut serta fungsi senter putar pada mesin bubut.

fungsi senter putar pada mesin bubut

Optimalisasi fungsi senter putar pada mesin bubut

Cara mengoptimalkan penggunaan senter agar dapat mendukung benda kerja tetap sentris pada sumbu utama mesin bubut dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

  • Memastikan tangkai senter (bagian batang tirusnya) dan juga lubang kepala lepas dalam keadaan bersih dari bram maupun kotoran lainnya.
  • Memutar searah jarum jam handle yang terdapat pada kepa lepas sampai batang kepala lepas maju sedikit keluar.
  • Memasang senter ke lubang kepala lepas dengan sedikit menghentakkan agar terpasang dengan kuat.
  • Memasang benda kerja yang sudah diberi lubang senter pada cekam dengan pencekaman yang sedikit kendor, kemudian dekatkan kepala lepas dengan mendorongnya ke arah sumbu mesin sampai ujung senter mendekati lubang senter benda kerja.
  • Memutar handle kepala lepas searah jarum jam sampai ujung senter masuk ke lubang senter benda kerja, dan benda kerja sedikit tersedesak ke cekam.
  • Mengencangkan pencekaman benda kerja dan pastikan mengunci posisi kepala lepas dengan menggunakan tuas yang tersedia.

Baca juga:

Demikian SOBAT MESIN sekalian…artikel singkat mengenai fungsi senter putar pada mesin bubut. Semoga hal kecil ini dapat memberikan manfaat yang banyak kepada para sobat Mesin… Monggo, silahkan dishare…

Kata kunci pencarian:

  • center putar mesin bubut