Jenis jenis mesin bubut dan fungsinya

Sahabat sekalian, selamat berjumpa kembali, semoga senantiasa sehat wal afiat. Artikel kali ini tentang jenis jenis mesin bubut dan fungsinya, ditulis dalam rangka memenuhi permintaan para sahabat. macam macam mesin bubut dapat ditinjau dari cara kontrol terhadap mesin dalam pengoperasiannya. Secara umum jenis jenis mesin bubut dapat dibagi menjadi 2 (dua) kategori utama yaitu:

  1. Jenis mesin bubut CNC

Merupakan mesin bubut yang dioperasikan dengan dikendalikan menggunakan pemrograman komputer/CNC (Computer Numerical Controlled). Jenis mesin bubut CNC terdiri dari 2 jenis yaitu TU (Training Unit) yang biasanya digunakan pada lembaga pendidikan sebagai sarana latihan dengan ukuran yang relatif kecil dan PU (Producing Unit) biasanya digunakan untuk produksi massal. Mesin CNC tipe PU sendiri sangat banyak variannya, tergantung pada kebutuhan khusus dalam penggunaannya. Mesin bubut CNC digunakan pada pembuatan produk yang memerlukan tingkat kepresisian tinggi dan jumlah produksi yang banyak atau produk massal.

  1. Jenis jenis mesin bubut manual

Merupakan jenis mesin bubut yang dioperasikan secara manual oleh operator mesin atau pengguna mesin. Kualitas hasil pembubutan sangat tergantung dari tingkat ketrampilan yang dimiliki oleh operator mesin itu sendiri. Mesin bubut jenis ini cocok digunakan untuk membuat produk awal atau masih dalam tahap pengembangan atau memperbaiki produk yang sudah ada. Mesin ini tidak cocok digunakan untuk membuat produk massal dalam jumlah besar karena akan sulit memperoleh keseragaman ukuran produk yang dihasilkan. Pembahasan pada buku ini akan lebih difokuskan pada mesin bubut manual ini sesuai dengan materi mata kuliah yang diajarkan.

Baca: Pengetahuan Dasar Mesin Perkakas dalam Pemesinan

Macam macam mesin bubut manual

Macam macam mesin bubut manual dapat digolongkan berdasarkan dimensi/ukuran mesin. Klasifikasi tersebut dibagi menjadi 4 (empat) yaitu:

1 Mesin bubut ringan

Mesin bubut jenis ini memiliki ukuran yang relatif kecil, panjang mesin tidak lebih dari 1.000 mm dan dapat diletakkan di atas meja sehingga mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Karena ukurannya yang kecil, mesin ini hanya mampu mengerjakan benda kerja yang berdimensi kecil (mini) dan terbatas untuk jenis material yang relatif lunak, misal kayu. Mesin bubut jenis ini biasanya banyak dipergunakan untuk industri rumah tangga (home industry) atau pengrajin kayu.

2. Mesin bubut sedang (medium lathe)

Jenis mesin bubut ini sudah dilengkapi dengan peralatan pendukung lainnya sehingga dapat digunakan untuk pekerjaan yang lebih bervariasi dan dengan hasil yang lebih cermat dan teliti. Panjang mesin lebih dari 1.000 mm akan tetapi tidak lebih dari 1.500 mm. Mesin bubut ini dapat digunakan untuk menghasilkan atau memperbaiki komponen mesin. Karena harga yang relatif terjangkau dan mudah dalam pengoperasiannya, mesin bubut ini banyak  dimanfaatkan pada dunia pendidikan atau pusat pelatihan. Selain itu juga pada bengkel-bengkel perawatan dan pembuatan komponen, misalnya batang ulir.

Baca: Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubut

jenis jenis mesin bubut sedang

3. Mesin bubut standar (standard lathe)

Jenis mesin bubut ini mampu digunakan untuk membubut benda kerja dengan diamter sampai 400 mm dan panjang sampai dengan 1.500 mm. Secara umum memiliki bagian/komponen yang sama seperti pada mesin bubut sedang, tetapi ditambahkan kelengkapan lain untuk mendukung pekerjaan yang lebih banyak dan dengan waktu yang lebih lama yaitu diantaranya: sistem pendinginan, lampu kerja untuk penerangan benda kerja, bak penampung beram dan rem kaki untuk menghentikan mesin apabila dalam keadaan darurat. Selain itu mesin ini dibuat lebih berat dan memiliki daya kuda yang lebih besar dapat dapat digunakan untuk mengerjakan benda kerja dengan ukuran yang lebih besar dibanding mesin bubut sedang.

Macam macam mesin bubut standar

4. Mesin bubut meja panjang (long bed lathe)

Mesin bubut jenis ini termasuk mesin bubut industri yang mampu mengerjakan komponen yang panjang dan besar, atau kebutuhan khusus lainnya. Contoh benda kerja yang dapat dikerjakan oleh mesin bubut meja panjang adalah poros baling-baling kapal, poros roda kereta api, roda-roda puli dengan ukuran besar. Panjang alas/meja mesin jenis ini  dapat mencapai 5 sampai 7 meter dan diameter benda kerja sampai dengan 2 meter. Untuk mendukung kinerja mesin, biasanya juga dilengkapi dengan penjepit pahat dan cekam benda kerja secara hidrolik, pneumatik maupun elektrik.

Baca: Jenis pekerjaan pembubutan dengan mesin bubut

Rangkuman

Sahabat sekalian dapat saya ringkas penjelasan di atas, sebagai berikut:

  • Jenis jenis mesin bubut berdasarkan cara kontrol terhadap mesin dalam pengoperasiannya adalah mesin CNC dan manual
  • Macam macam mesin bubut manual terdiri dari 4 klasifikasi yaitu: Mesin bubut ringan, Mesin bubut sedang, Mesin bubut standar dan Mesin bubut meja panjang.

Kata kunci pencarian:

  • sebutkan penggolongan mesin bubut secara umum