Jenis-jenis mesin frais dan metode pemotongannya

Sobat Mesin, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis mesin frais. Mesin frais merupakan salah satu jenis mesin perkakas yang juga banyak digunakan pada proses manufaktur, selain mesin bubut. Mesin frais digunakan untuk suatu proses pemotongan yang mana permukaan benda kerja dikerjakan oleh suatu kumpulan sisi iris gigi yang banyak yang disebut pisau frais atau milling cutter. Jika pada proses pembubutan, prinsip kerja mesin bubut adalah benda kerja berputar kemudian alat potong yang berupa pahat menyayat dengan gerakan lurus (selengkapnya silahkan baca: prinsip kerja mesin bubut).

Sedangkan, prinsip kerja mesin frais adalah dimana pisau frais bergerak berputar, sedang benda kerja terpasang pada meja dalam keadaan bergerak mendatar, tegak maupun berputar dengan lambat. Bentuk dasar dari masing-masing gigi sama dengan pahat bubut, hal yang khusus pada milling cutter gigi-giginya secara intermittent bertemu dengan permukaan benda kerja. Keadaan ini memberi kesempatan pada gigi-giginya untuk mendapatkan pendinginan dengan baik. Prinsip kerja pemotongan pada mesin frais ditunjukkan pada gambar berikut.

prinsip kerja mesin frais

Metode pemotongan mesin frais

Pada pemesinan frais atau proses pemesinan yang menggunakan mesin frais, dikenal ada dua macam cara atau metode pemotongannya. Metode pemotongan mesin frais yang dimaksud adalah metode atau cara pisau frais melakukan penyayatan terhadap benda kerja, khususnya pada arah pemotongannya. Kedua metode pemotongan tersebut adalah:

  1. Metode pemotongan Up miling, yaitu setiap gigi memulai pengefraisan dengan bahan yang tipis, pada permukaannnya tidak akan terjadi pecahan-pecahan. Tatal dimulai dari ujung yang tipis dan beban yang bekerja pada gigi pada waktu pengefraisan berangsur-angsur naik dan pisau frais pada waktu meninggalkan benda kerja secara tiba-tiba. Metode up milling sangat sesuai untuk benda kerja yang menggunakan material keras (perhatikan gambar).
  2. Metode pemotongan Down miling, yaitu  proses pemotongan dimulai dari bagian tatal yang tebal terlebih dahulu sehingga pada waktu gigi meninggalkan benda kerja turun berangsur-angsur. Pada saat permulaan pemotongan terjadi beban yang maksimum. Metode ini tidak cocok untuk digunakan pada pekerjaan benda-benda tuangan karena benda-benda ini mempunyai permukaan yang keras, namun metode ini lebih cocok untuk benda kerja dari material yang relatif lunak.(perhatikan gambar).

metode pemotongan mesin frais

Jenis-jenis mesin frais

Secara umum jenis-jenis mesin frais dibedakan menjadi 2 yaitu mesin frais vertikal dan mesin frais universal.

  1. Mesin frais vertikal

Mesin frais vertikal memiliki sumbu utama spindel dengan letak tegak lurus dengan meja mesin. Kepala tegaknya dapat diputar sehingga kedudukan sumbu utama dapat menyudut terhadap sumbu mesin. Selain itu, mesin frais vertikal juga mempunyai spindel yang vertikal pada meja juga dapat ditambahkan peralatan yang memungkinkan benda kerja dapat berputar. Alat iris yang digunakan di dalam mesin ini adalah end miling. Mesin ini juga dapat digunakan untuk proses pengeboran, reaming tinggal menganti alat potongnya saja.

Baca juga Jenis pahat bubut berdasarkan bentuk dan fungsinya

  1. Mesin frais universal

Mesin frais universal memiliki sumbu utama spindel yang terletak sejajar dengan meja mesin. Meja mesin dapat diputar mendatar dan membuat sudut 45 derajat ke arah tiang mesin Berikut ini adalah bagian-bagian mesin frais universal sebagaimana ditunjukkan pada gambar.

  • Spindel utama, merupakan bagian yang terpenting dari mesin milling. Spindel berfungsi sebagai tempat untuk mencekam alat potong yang digunakan untuk proses pengefraisan.
  • Meja / table, merupakan bagian mesin fraisyang berfungsi untuk tempat dudukan clamping device (bisa berupa ragum atau lainnya/ sebagai pemegang benda kerja yang sedang dikerjakan.
  • Motor penggerak, merupakan bagian mesin yang berfungsi menggerakkan bagian-bagian mesin yang lain seperti spindle utama, meja (feeding) dan pendingin (cooling).
  • Transmisi, merupakan bagian mesin yang menghubungkan motor penggerak dengan yang digerakkan.
  • Knee, merupakan bagian mesin untuk menopang/menahan meja mesin. Pada bagian ini terdapat transmisi gerakan pemakanan (feeding).
  • Column / tiang, merupakan badan dari mesin. Tempat menempelnya bagian-bagian mesin yang lain.
  • Base / dasar, Merupakan bagian bawah dari mesin milling. Bagian yang menopang badan / tiang. Tempat cairan pendingin.
  • Control, Merupakan pengatur dari bagian-bagian mesin yang bergerak.

Jenis-jenis mesin frais

Sedangkan cara pengoperasian mesin frais akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.