Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya dan penjelasannya

Jenis mesin bubut dapat digolongkan berdasarkan beberapa kategori, yaitu berdasarkan cara pengoperasiannya, dan berdasarkan ukuran. Selain itu juga ada Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya. Mesin bubut juga dapat digolongkan berdasarkan fungsi penggunaan mesin bubut tersebut. Berikut ini diuraikan berbagai macam jenis mesin bubut berdasarkan fungsi penggunaannya.

Baca juga: Jenis jenis mesin bubut dan fungsinya

Mesin bubut Centre Lathe

Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya yang bertama adalah Mesin bubut Centre Lathe adalah yang paling banyak digunakan baik pada skala industri maupun pendidikan dan pelatihan. Hal ini karena mesin bubut jenis ini dirancang untuk perngerjaan berbagai macam bentuk. Mesin bubut standart ini sebenarnya memiliki banyak varian dengan berbagai macam ukuran dan merk dari fabrikan yang berbeda-beda. Mesin bubut ini juga dikenal dengan istilah mesin bubut standart.

Cara kerja mesin bubut centre lathe yaitu benda kerja dipegang (dicekam) pada poros spindle dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya, yaitu pada pusat sumbu putarnya, sementara ujung lainnya dapat ditumpu dengan center lain.

.

Mesin bubut kepala (facing lathe)

Mesin bubut jenis ini khusus digunakan untuk mengerjakan benda kerja yang berbentuknya piringan dalam ukuran besar. Benda kerja dipasang pada piringan tersebut dan dikencangkan dengan cakar-cakar yang dapat disetting pada sebuah pelat penyeting yang besar. Mesin bubut ini tidak memiliki kepala lepas.

Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya

.

Mesin bubut sabuk

Mesin bubut sabuk menggunakan sabuk untuk memutar roda gigi. Sabuk melingkari roda gigi dan berputar dengan putaran poros dari spindle yang terkait dengan sabuk. Roda gigi yang dilingkari sabuk inilah menjadi kunci pembuatan ulir dan pemotongan material karena diujung rangkaian roda gigi tersebut terdapat eretan pahat yang bergerak memutar konstan untuk membentuk ulir. Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Mesin Perkakas dalam Pemesinan

.

Mesin bubut vertical turning & boring milling

Mesin bubut jenis ini bekerja secara otomatis, yaitu dengan terlebih dahulu mengatur bentuk potongan sebelum diproses oleh mesin. Tahap persiapan sebelum menggunakan mesin ini, operator perlu menentukan bentuk akhir dari setiap potongan benda kerja yang akan dikerjakan dan selanjutnya mesin bubut ini akan bekerja secara otomatis membubut sesuai pengaturan awal tadi.  Poros mesin akan mengeset sendiri cengkramannya pada material bahan kerja.

.

Mesin bubut turret

Mesin bubut turret memiliki kemampuan untuk mengerjakan benda kerja dengan bentuk profil dan ukuran yang sama. Mesin mampu bekerja sesuai dengan urutan kerja yang telah diatur oleh operator mesin. Sehingga mesin ini sangat cocok untuk digunakan dalam industri dan manufaktur yang membutuhkan produksi dalam skala besar.

.

Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya: turret sadel

Mesin bubut ini secara umum hampir sama dengan mesin bubut turret biasa, perbedaannya hanya terletak pada penggunaan sadel. Mesin bubut turret jenis sadel menggunakan sadel untuk melakukan pengaturan dan pengoperasian untuk menghasilkan benda kerja yang identik.

.

Mesin bubut turret vertikal

Jenis mesin bubut berdasarkan fungsinya yang terakhir adalah Mesin bubut turret vertikal. Mesin bubut ini menerapkan mekanisme turret dengan proses vertikal, dimana pola gerakan pahat diatur dengan kepala samping di meja pemutar. Mesin bubut turret vertikal memiliki meja putar bercengkram dan turret yang terpasang di atas rel yang menyilang pada meja putar. Pada turret terdapat kepala samping yang menjadi pengontrol pahat dengan sistem yang sudah diset sehingga terjadi pengulangan proses secara identik pada saat dioperasikan.

Baca juga: Jenis pekerjaan dengan menggunakan mesin bubut

Kata kunci pencarian:

  • sebutkan jenis jenis mesin bubut berdasarkan dimensinya