Jenis pahat bubut berdasarkan bentuk dan fungsinya

Apabila dilihat berdasarkan bentuk dan fungsinya, maka jenis pahat bubut dapat diklasifikasi menjadi beberapa jenis. Gambar menunjukkan penamaan pahat bubut berdasarkan bentuk profil dan fungsinya. Penamaan pahat bubut sebagaimana Gambar (dari kiri ke kanan) adalah: pahat sisi kanan, pahat pinggul/champer kanan, pahat sisi/permukaan kanan, pahat sisi/permukaan kanan(lebih besar), pahat ulir segitiga kanan, pahat alur, pahat alur segitiga(kanan kiri), pahat ulir segitiga kiri, pahat sisi kiri, pahat pinggul kiri dan pahat alur lebar.

.

Jenis Pahat bubut rata

Pahat bubut rata digunakan untuk membubut permukaan rata pada bidang memanjang atau sering disebut dengan membubut lurus. Prinsip kerja dari penggunaan pahat bubut rata adalah dengan menyayatkan pahat dari ujung luar benda kerja kemudian menggerakannya dengan menggunakan eretan bawah

Baca juga: Membubut poros kompleks menggunakan mesin bubut

.

Jenis Pahat bubut sisi/muka

Pahat bubut sisi/muka digunakan untuk membubut pada permukaan pada posisi melintang diameter benda kerja. Prinsip kerja dari penggunaan pahat bubut sisi/muka adalah dengan menyayatkan pahat dari ujung luar benda kerja ke arah titik pusat diameter benda kerja atau sebaliknya tergantung arah putaran spindel mesin. Pergerakan apahat biasanya menggunakan eretan lintang mesin bubut.

Jenis pahat bubut berdasarkan bentuk dan fungsinya

Jenis Pahat bubut alur

Pahat bubut alur digunakan untuk membentuk profil alur pada permukaan benda kerja. Bentuk profil dan ukuran alur menyesuaikan dengan gambar kerja yang ada. (perhatikan Gambar pada poin C)

Baca juga: Cara membubut alur pada mesin bubut manual

.

Jenis Pahat bubut potong

Pahat bubut potong digunakan khusus untuk memotong suatu benda kerja hingga ukuran panjang tertentu. Perhatikan Gambar pada poin CT*/CTL

.

Jenis Pahat bubut champer

Pahat bubut champer digunakan untuk menchamper pada ujung permukaan benda kerja. Besar sudut champer pada umumnya adalah 45ยบ.

.

Jenis Pahat bubut ulir

Pahat bubut ulir digunakan untuk membuat ulir pada permukaan benda kerja, baik pembuatan ulir dalam maupun ulir luar. Bentuk profil pahat ulir ini tergantung dengan jenis ulir yang akan dibuat. Perhatikan Gambar pada poin ER*/EL

Baca juga: Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubut

.

Jenis pahat bubut dalam

Beberapa proses pembubutan juga ada yang dikerjakan pada sisi diameter dalam, sehingga memerlukan berbagai pahat bubut untuk pengerjaan dalam. Penamaan pahat bubut dalam berdasarkan bentuk profil dan fungsinya adalah sebagai berikut: (1) pahat bubut rata dalam untuk membubut memanjang diameter dalam, (2) pahat bubut siku dalam untuk membubut siku/facing dalam, (3) pahat alur dalam, (4) pahat radius dalam untuk membuat alur yang memiliki radius, (5) pahat ulir dalam dan (6) pahat boring (untuk melebarkan lubang).

Kata kunci pencarian:

  • sebutkan 3 jenis pahat bubut san fungsi nya