Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut

Hallo Sobat Mesin….. Salam solidarity forever… Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut yang dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut konvensional. Banyak jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut, semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan tambahan kepada para Sobat Mesin semua.

Tingkat kehalusan dan presisi ukuran hasil benda kerja sangat tergantung dengan kemampuan operator mesin dalam mengoperasikan mesin bubut, khususnya penggunaan skala nonius ukuran pada mesin bubut. Selain itu juga dipengaruhi oleh kualitas pahat bubut yang digunakan, dimana sudut-sudut hasil pengasahan pahat yang tepat akan memperlancar proses pekerjaan.

Berikut ini disampaikan secara sekilas untuk tiap jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut tersebut diantaranya yaitu:

  • Membubut lurus

Salah satu jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut yang paling banyak / sering dilakukan adalah membubut lurus. Pekerjaan membubut lurus merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para operator mesin bubut. Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut yang satu ini menjadi dasar untuk mempelajari ketrampilan menggunakan mesin bubut untuk jenis pekerjaan yang lain.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membubut lurus. Pertama, pembubutan memanjang (sejajar benda kerja) untuk mendapatkan ukuran diameter benda kerja yang dikehendaki. Kedua, pembubutan permukaan rata (facing), yaitu meratakan permukaan pada bidang diameter benda kerja untuk menghasilkan pembubutan permukaan datar pada benda kerja.

Membubut tirus termasuk pada jenis pembubutan ini. Baca juga: Cara membubut tirus dengan mesin bubut
Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut

  • Membubut eksentris

Eksentrik merupakan sebuah poros yang mempunyai kedudukan center/garis tengah diameter yang berbeda posisi/tergeser, pada pembubutan ini dapat dilakukan dengan cara menggeser posisi pencekaman benda kerja sejauh ukuran yang diminta dengan alat cekam four jaw chuck independent, atau bisa juga dengan metode penjepitan between center dengan catatan lubang center sudah dibuat eksentrik.

Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut dalam membuat poros eksentrik setidaknya ada dua metode yaitu: 1. Cara membuat poros eksentrik menggunakan cekam rahang tiga otomatis dan 2. Cara membubut poros eksentrik dengan cekam independent

  • Membubut alur

Untuk membubut alur atau membuat celah dengan lebar dan kedalaman tertentu, digunakan pahat bubut pengalur. Pembubutan alur bertujuan untuk membuat pembebas pada proses penguliran atau bisa juga untuk tempat pemasangan snap ring, pembubutan alur dapat dilakukan pada diameter luar dan dalam. Pahat ini berbentuk lurus, bengkok, berjenjang ke kanan atau ke kiri.

Cara membubut alur selengkapnya dapat dibaca di Cara membubut alur pada mesin bubut manual

  • Memotong benda kerja

Untuk memotong benda kerja, digunakan pahat pengalur dengan penyayat sangat ramping, tetapi hal ini jarang dilakukan, karena pahat yang digunakan untuk memotong akan mudah patah. Pekerjaan memotong benda kerja dengan menggunakan mesin bubut memang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, sehingga perlu dilakukan secara hati-hati dan cermat.

  • Mengebor

Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut yang satu inidigunakan untuk pembuatan lubang pada benda kerja. Mata bor dipasang pada dudukan yang tersedia pada center kepala lepas dan digerakan maju (langkah pemakanan=kedalaman lubang) menggunakan roda pemutar eretan yang ada pada center kepala lepas.

Pemasangan dan pengaturan mata bor pada center kepala lepas harus diperhatikan ketepatan posisi titik centernya. Hal ini untuk mendapatkan hasil ukuran lubang yang presisi. Langkah pengerjaan pengeboran dapat dibaca selengkapnya pada Cara mengebor pada mesin bubut agar hasilnya presisi

  • Membubut profil

Pembubutan ini menghasilkan berbagai macam bentuk profil produk. Proses pembubutan dapat dilakukan secara manual menggerakan eretan secara bersamaan /simultan atau dapat juga menggunakan pahat profil yang dibentuk sesuai dengan bentuk profil yang diinginkan.

  • Membubut dalam/boring

Pembubutan jenis ini banyak digunakan untuk keperluan memperbesar lubang pada benda kerja. Proses kerja pembubutan dalam pada dasarnya sama dengan membubut rata, namun dilakukan pada bagian dalam diameter benda kerja yang sebelumnya sudah dilubang menggunakan mata bor.

  • Mengkartel (knurling)

Kartel atau knurling adalah Jenis pekerjaan menggunakan mesin bubut yang berfungsi untuk membuat rigi-rigi pada benda kerja yang berfungsi sebagai pegangan agar tidak licin. Pengkartelan dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa roda kartel yang berukuran standar. Roda kartel tersebut dipasang pada toolpost dan kedudukannya diatur setinggi senter benda kerja. Benda kerja dicekam pada senter kepala tetap dan sebaiknya juga didukung menggunakan senter kepala lepas.

Prinsip kerja kartel adalah bukan menyayat benda kerja, tetapi menekan/menusuk benda kerja sehingga membentuk alur-alur kartel. Selama proses kartel sebaiknya benda kerja diberikan minyak pelumas untuk mengurangi panas dan juga membersihkan beram dihasilkan. Bentuk profil hasil kartel pada umumnya lurus, miring atau silang (diamond).

*) dirangkum dari berbagai sumber

Topik lain mengenai pemesinan bubut dapat anda baca di: Pemesinan Bubut untuk Vokasi