Kacamata jalan pada mesin bubut dan cara memasangnya

Penyangga merupakan perlengkapan mesin bubut yang digunakan untuk menahan benda kerja yang memilki ukuran cukup panjang. Benda kerja dengan ukuran yang cukup panjang tersebut, apabila tidak didukung menggunakan alat penyangga, maka sewaktu dilakukan proses penyayatan dimungkinkan benda kerja akan bergetar atau bahkan melentur sehingga ukuran diameter akan menjadi elips/oval, tidak silindris dan tidak rata. Sangat disarankan untuk pengerjaan benda kerja yang panjang dan dimungkinkan terjadi lenturan maka sebaiknya menggunakan kacamata jalan pada mesin bubut.

Ada dua jenis penyangga yang dapat digunakan, yaitu penyangga tetap (steady rest) dan penyangga jalan (follower rest). Penyangga tetap dipasang pada alas/meja mesin dengan menggunakan baut pada posisi yang dikehendaki, sehingga kedudukannya dalam keadaan tetap tidak mengikuti gerakan eretan. Penyangga tetap memiliki 3 buah batang penjepit dengan bagian ujung berbentuk agak lancip dan dapat digerakkan maju atau mundur dengan memutar baut pengaturnya, sehingga batang-batang penjepit tersebut mendukung benda kerja.

Baca juga:

Secara prinsip penyangga jalan memiliki fungsi yang sama dengan penyangga tetap, perbedaannya adalah pada cara pemasangan dan posisinya. Penyangga jalan jalan dipasang pada eretan memanjang sehingga dapat bergerak mengikuti gerakan eretan memanjang tersebut. Perbedaan lainnya adalah penyangga jalan hanya memiliki dua buah batang penjepit, di mana sebuah batang berada di bagian atas benda kerja dan batang penjepit yang satunya lagi berada di samping benda kerja yang letaknya berhadapan dengan posisi pahat.

Kacamata jalan pada mesin bubut dan cara memasangnya

Cara memasang kacamata jalan pada mesin bubut

Berikut ini dijelaskan cara memasang kacamata jalan pada mesin bubut yang akan digunakan untuk membubut poros yang panjang.

  • Menyiapkan kacamata jalan yang akan digunakan untuk mendukung benda kerja yang akan dibubut.
  • Mengendorkan dan melepaskan dua baut pengikat yang terdapat pada bagian bawah kacamata jalan.
  • Menempatkan kacamata jalan pada sisi sebelah kiri atau di depan eretan kemudian memasang dan mengencangkan kembali baut pengikatnya.
  • Memeriksa dan memastikan posisi kacamata jalan berdiri tegak lurus pada eretan mesin bubut, kemudian kencangkan secara maksimal baut pengikatnya
  • Mengatur poisisi 2 batang penjepit yang terdapat pada kacamata jalan agar dapat menompang benda kerja setinggi senter dengan cara memutar baut pemutar/pengatur dari setiap batang penjepit tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai kacamata jalan pada mesin bubut dan cara memasangnya. Semoga bermanfaat dan silahkan dishare agar dapat membantu teman-teman dan sobat mesin lain yang memerlukan.

Kata kunci pencarian:

  • kacamata pada mesin bubut
  • contoh soal kacamata jalan pembubutan
  • follow rest mesin bubut
  • materi dari kacamata jalan pada mesin bubut
  • materi kacamata tetap
  • materi tentang kacamata jalan dankacamata tetao bubut