Macam macam cekam mesin bubut dan fungsinya

Cekam merupakan salah satu alat perlengkapan mesin bubut yang berfungsi untuk menjepit/mengikat benda kerja yang dikerjakan pada proses pembubutan. Cekam ini harus mampu mencekam benda kerja dan memastikan bahwa putaran benda kerja benar-benar simetris dan tidak oleng. Kapasitas pencekaman ini juga menentukan kapasitas pengerjaan yang dapat dilakukan pada mesin bubut tertentu. Macam macam cekam mesin bubut dapat dibedakan berdasarkan gerakan rahangnya dan jumlah rahangnya.

Macam macam cekam mesin bubut berdasarkan gerakan rahangnya

Jenis cekam ini apabila dilihat dari gerakan rahangnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu cekam rahang otomatis dan cekam rahang independen. Pelat cekam dengan rahang otomatis adalah hanya dengan memutar salah satu engkol lubang maka semua rahang dapat maju secara bersamaan atau mundur juga secara bersamaan. Cekam jenis ini berfungsi untuk menjepit benda kerja yang beraturan atau simetris. Jenis ini paling banyak digunakan dalam berbagai pekerjaan pembubutan. (Baca: Jenis pekerjaan pembubutan dengan mesin bubut) Penggunaan cekam otomatis ini sangat mudah, hanya dengan menempatkan benda kerja pada mulut rahang kemudian memutar salah engkol lubang, maka benda kerja akan terjepit. Perlu diperhatikan pada saat menempatkan benda kerja sebelum dikencangkan harus pada posisi yang sentris agar hasil pengerjaan benda kerja dapat sentris juga. Kelemahan cekam otomatis adalah hanya dapat digunakan untuk benda kerja yang berbentuk simetris saja.

Macam macam cekam mesin bubut

Sedangkan cekam rahang independen adalah apabila memutar engkol pada satu lubang pada cekam rahang hanya dapat bergerak satu saja. Dengan kata lain masing-masing rahang dapat digerakkan menuju/menjauhi pusat dan rahang lainnya tidak mengikuti. Cekam jenis ini dapat digunakan untuk menjepit benda kerja dengan bentuk yang tidak silindris atau tidak beraturan. Cekam ini juga dapat digunakan untuk mencekam benda kerja yang akan dibubut eksentrik atau sumbu senternya tidak sepusat. Kelemahan cekam independen adalah cara pengaturan posisi benda kerja yang cukup sulit dan memakan waktu yang relatif lebih lama. Cekam independen hanya digunakan untuk kebutuhan khusus saja.

Baca juga: Merencanakan proses pembubutan yang efektif dan efisien

Macam macam cekam mesin bubut berdasarkan jumlah rahangnya

Cekam mesin bubut memiliki jumlah rahang yang berbeda-beda. Macam macam cekam mesin bubut berdasarkan jumlah rahangnya yaitu: cekam rahang tiga (3 jaw chuck), cekam rahang empat (4 jaw chuck) dan cekam rahang enam (6 jaw chuck). Diantara jenis cekam tersebut yang paling banyak dan sering digunakan adalah cekam rahang tiga. Cekam ini biasanya adalah cekam dengan gerakan rahang otomatis, sedangkan cekam rahang 4 biasanya digunakan pada cekam dengan gerakan rahang independen. Pemilihan penggunaan cekam ini sebaiknya disesuaikan dengan dokumen work preparation yang telah disusun sebelumnya.

Baca juga: Membuat work preparation pembubutan yang efektif dan efisien

Menjepit benda kerja menggunakan cekam mesin bubut

Menjepit benda kerja dengan menggunakan Macam macam cekam mesin bubut. Metode ini adalah yang paling umum digunakan untuk benda kerja yang pendek. Jika panjang benda kerja jauh lebih besar dari diameternya maka pada bagian ujung dapat didukung dengan senter kepala lepas baik senter mati maupun senter putar. Cekam ada yang rahang 3 otomatis maupun rahang 4 independen. Selain itu juga dapat digunakan cekam dengan jenis cekam pneumatic yang biasanya digunakan dalam produksi massal dengan untuk meningkatkan tingkat otomasi.

Kata kunci pencarian:

  • jenis jenis cekam mesin bubut cnc
  • mesin bubut ada dua macam sebut dan jelaskan