Mastercam versi X hadir lebih komplit

Perangkat lunak Mastercam adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh CNC Software, Inc dari Amerika Serikat. Mastercam versi X adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menggambar benda kerja (design), membuat simulasi pemesinan sampai didapatkan program CNC. Program CNC yang dihasilkan dapat digunakan untuk mesin bubut (lathe), mesin frais (mill), router, dan mesin wire cutting. Mastercam versi X pada saat ini sudah beredar dari X sampai dengan X9. Mastercam versi X dapat digunakan untuk membuat gambar, simulasi program CNC, dan membuat kode G. Perangkat lunak Mastercam memungkinkan untuk pengerjaan mendesain, merencanakan proses pembuatannya melalui simulasi pemesinan. Simulasi tersebut untuk mesin frais (mill), bubut (lathe), wire EDM, dan router yang dapat dilaksanakan secara berurutan atau simultan.

Mastercam versi X memiliki beberapa keunggulan dalam hal tampilan dan kemudahan pengoperasiannnya dibandingkan dengan perangkat lunak CAM merek lain. Keunggulan tersebut adalah tampilan menu menyesuaikan dengan tampilan menu versi windows. Keunggulan lain adalah bahwa program menggambar dan simulasi pemesinan bubut CNC, frais, router dan wire dijadikan satu. Selain itu juga ada perbaikan pada tampilan toolbar, dan perbaikan pada beberapa proses pemesinan bubut maupun frais. Mastercam versi X dapat juga digunakan untuk mesin perkakas 5 sumbu, dan pembuatan benda seni (art).

Baca: Alat potong pada MasterCAM X untuk CNC Turning

mastercam versi X

Mastercam versi X memiliki menu utama yang terdapat pada satu tampilan layar yang dapat diakses sesuai dengan kebutuhan. Menu yang tersedia secara umum dapat digolongkan menjadi 2 bagian berdasarkan fungsi pemanfaatannya. Tampilan menu yang mendukung mendesain atau CAD dan menu yang mendukung pemesinan atau CAM.

Menu CAD pada Mastercam versi X

Tampilan menu CAD berfungsi untuk membuat gambar benda kerja baik benda 2 dimensi maupun 3 dimensi. Menu-menu CAD tersebut beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

  • File, merupakan menu yang berfungsi untuk membuat dan menyimpan dokumen baru, melakukan export-import, mengatur halaman dan melakukan cetak hasil gambar desain yang dibuat.
  • Edit, merupakan menu yang digunakan untuk melakukan editing obyek gambar desain diantaranya adalah undo, redo, copy, cut, paste, delete dan trim (memotong obyek garis lurus/lengkung terhadap perpotongan dengan garis lain) serta join entities (menggabungkan beberapa obyek menjadi satu kesatuan obyek)
  • View, merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur penampakan (zoom) terhadap tampilan obyek pada layar.
  • Analyze, merupakan menu yang berfungsi untuk mengenai analisis geometri gambar yang dibuat. Analisis yang biasa digunakan antara lain meliputi: koordinat suatu titik, kontur, jarak antara titik, sudut, luas dan volume, angka, rangkaian garis (chain), dan permukaan.
  • Create, merupakan menu yang berfungsi untuk perintah membuat garis lurus maupun lengkung, kotak, lingkaran, titik, permukaan, membuat chamfer maupun radius, membuat huruf dan sebagainya.
  • Solids, merupakan menu yang berfungsi untuk perintah membuat obyek tiga dimensi berupa tabung, pipa, balok maupun gabungan diantaranya.
  • Xform, merupakan menu yang digunakan untuk melakukan pengerjaan lanjut atau modifikasi obyek gambar, diantaranya adalah melakukan memindah/ mengkopi obyek, melakukan mirror, memutar obyek, offset dan sebagainya.
  • Screen, merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur properties tampilan layar yang aktif digunakan, misal kombinasi warna tampilan menu dan sebagainya.
  • Setting, merupakan menu yang digunakan untuk mengatur konfigurasi setting awal, customize menu toolbars dan sebagainya.
  • Help, merupakan menu yang berfungsi untuk memperoleh bantuan mengenai pengoperasian dan properties lainnya pada Mastercam versi X.

 Menu CAM pada Mastercam versi X

Menu CAM berfungsi untuk membuat dan mensimulasi proses pemesinan/manufacturing serta mendapatkan kode pemrograman CNC dari gambar benda kerja baik secara 2 dimensi maupun 3 dimensi. Menu-menu CAM tersebut beserta fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Machine type: merupakan menu yang berfungsi untuk memilih jenis mesin yang akan digunakan untuk proses pemesinan, yaitu: lathe, mill, router atau design. Menu ini hanya terdapat pada versi X, dan tidak tersedia pada versi 9.
  • Toolpaths, berfungsi untuk persiapan proses pemesinan yaitu pengisian parameter pemesinan dan jenis alat potong. Selain itu juga merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola, mengatur dan simulasi jalannya alat potong pada proses pemesinan. Pengaturan dan simulasi dapat diperbaiki kembali apabila ada bagian yang kurang tepat. Selanjutnya dapat diperoleh kode program dengan melakukan post procesor yang terdapat dalam menu toolpaths ini. Submenu pada menu toolpaths ini tergantung pada jenis mesin yang dipilih pada menu machine type.

Baca juga: Cara Menentukan Paramater Pemesinan Optimum pada Mesin CNC

Kata kunci pencarian:

  • keunggulan program master cam