Achmad Arifin

Pemesinan CNC CAD/CAM Welding

Menu

Merencanakan proses pembubutan yang efektif dan efisien

January 25, 2018 | Pemesinan Manual

Merencanakan proses pembubutan merupakan salah satu tahapan penting dalam persiapan yang harus dilakukan agar pekerjaan pembubutan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Persiapan dalam hal ini tidak hanya persiapan mesin/alat dan bahan saja. Tetapi yang lebih penting adalah merencanakan proses pembubutan agar diperoleh urutan pengerjaan benda kerja yang lebih efektif. Sehingga dapat menghasilkan produk sesuai dengan gambar kerja yang ditentukan.

Merencanakan proses pembubutan

Tahap merencanakan proses pembubutan ini juga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi selama proses pekerjaan berlangsung. Sehingga dengan adanya perencanaan ini proses pekerjaan dapat berlangsung efisien, baik dari segi waktu pengerjaan, penggunaan bahan benda kerja dan alat bantu lainnya. Waktu pengerjaan menjadi lebih singkat karena operator fokus pada urutan pengerjaan yang sudah disusun. Penggunaan bahan benda kerja maupun bahan bantu lainnya menjadi relatif hemat karena kesalahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi sebelumnya. Urutan pengerjaan yang baik dan benar akan menghasilkan kualitas produk yang lebih baik. Selanjutnya pekerjaan yang dilakukan secara urut dan sistematis sesuai dengan penguasaan teori dasar akan dapat menghemat waktu pelaksanaan pekerjaan dan lebih menjamin keselamatan kerja (keselamatan benda kerja, keselamatan operator mesin dan keselamatan mesin-peralatan).

Baca juga: 

Tahapan merencanakan proses pembubutan ini secara garis besar adalah pencermatan gambar kerja yang sudah disediakan dan penyusunan work preparation sesuai dengan format yang ditentukan. Kemampuan untuk mencermati gambar kerja wajib dimiliki oleh setiap operator mesin bubut, karena semua perintah pengerjaan dan rambu-rambu lainnya semua merujuk pada gambar kerja. Selanjutnya hasil pencermatan gambar kerja tersebut dituangkan dalam sebuah lembar persiapan kerja (work preparation) yang nantinya digunakan sebagai pedoman pelaksanaan proses pembubutan.

Merencanakan proses pembubutan

Mencermati gambar kerja

Pencermatan gambar kerja yang dimaksud adalah aktivitas membaca gambar kerja dengan seksama. Aspek yang harus diamati adalah sebegai berikut:

  • jenis material dan ukuran awal bahan benda kerja yang disediakan.
  • bentuk kontur secara keseluruhan benda kerja yang akan dihasilkan.
  • tanda perintah pengerjaan khusus (bila ada).
  • batas toleransi atau suaian yang dipersyaratan, kualitas hasil permukaan yang diminta.

Pengamatan yang dilakukan pada aspek-aspek tersebut diharapkan dapat diperoleh gambaran secara menyeluruh kebutuhan bahan, proses pengerjaan maupun peralatan bantu lainnya. Hal ini akan mempermudah dalam merencanakan proses pembubutan khususnya dalam membuat persiapan kerja yang dituangkan dalam work preparation sheet.

Baca Selengkapnya: Cara mencermati gambar kerja pembubutan dengan mudah

Membuat work preparation (WP)

Work Preparation (WP) adalah suatu dokumen dengan format tertentu yang harus dipersiapkan dan dibuat oleh peserta didik sebelum melaksanakan praktik berdasarkan arahan dan bimbingan dosen/guru pengajar. Dokumen tersebut memuat informasi tentang: identitas peserta didik, nama atau jenis job/pekerjaan yang akan dikerjakan. Selain itu juga memuat informasi sub pekerjaan atau tahap-tahap yang harus dilakukan, mesin/peralatan yang digunakan, parameter yang harus dipenuhi, estimasi waktu yang diperlukan tiap tahap pekerjaan. Aspek keselamatan kerja dan prosedur atau petunjuk kerja lain yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai gambar kerja pada job sheet yang telah ditentukan. Pada konteks pekerjaan di industri maka pemnyusun WP adalah operator dengan persetujuan dan pengawasan supervisornya. Work preparation merupakan perwujudan hasil merencanakan proses pembubutan. Operator mesin bubut menggunakan work preparation ini sebagai panduan dalam proses mengerjakan benda kerja.

Baca selengkapnya: Membuat work preparation pembubutan yang efektif dan efisien

Artikel yang relevan dengan Merencanakan proses pembubutan yang efektif dan efisien

Page

    Page

      Page