Pengaruh unsur paduan pada baja paduan rendah

Menurut Wiryosumarto (2008) baja paduan rendah adalah sekelompok baja paduan yang mempunyai kadar karbon sama dengan baja lunak tetapi ditambah dengan sedikit unsur paduan sehingga kekuatan dapat dinaikkan tanpa mengurangi keuletannya. Kekuatan fatik, daya tahan terhadap korosi, daya tahan terhadap aus dan terhadap panas juga menjadi lebih baik. Artikel ini akan menjelaskan sekilas tentang pengaruh unsur paduan pada baja, khususnya baja paduan rendah.

Baja paduan rendah dibagi menurut sifatnya yaitu (Wiryosumarto, 2008) :

  1. Baja kuat, terdiri dari 2 (dua) kelompok yaitu kelompok kekuatan tinggi (memiliki sifat mampu las yang sangat baik karena kadar karbonnya yang rendah ) dan kelompok ketangguhan tinggi (mempunyai ketangguhan dan sifat mekanis yang sangat baik). Kekuatan tarik baja kuat berkisar antara 50 sampai 100 kg/mm2. Sifat mekanis baja kuat sangat tergantung dari kadar unsur paduannya. Gambar 2.3 menunjukkan besarnya kekuatan tarik dipengaruhi oleh komposisi unsur paduan, dimana besarnya unsur paduan dapat diperoleh dengan menggunakan perhitungan karbon ekuivalen (Cek).
  2. Baja tahan temperatur rendah, baja ini mempunyai kekuatan tarik atau kekuatan tumbuk yang tinggi dan temperatur transisi ketangguhan yang rendah. Baja jenis ini digunakan dalam konstruksi untuk temperatur yang lebih rendah dari temperatur biasa, misalnya untuk daerah yang bertemperatur dingin dan untuk penyimpanan gas yang dicairkan.
  3. Baja tahan panas, baja ini memiliki ketahanan terhadap temperatur tinggi juga tahan terhadap asam dan terhadap mulur. Baja tahan panas yang terkenal adalah paduan jenis Cr-Mo yang tahan pada temperatur 600 o Tabel 2.2 memperlihatkan komposisi kimia dan kemampuan sifat mekanik baja tahan panas berdasarkan klasifikasi JIS.

Baca juga:

 

Pengaruh unsur paduan pada baja
Pengaruh Unsur Paduan pada baja

Untuk mendapatkan sifat mekanis yang sesuai dengan kebutuhan khusus maka perlu menambahkan unsur paduan tertentu pada baja karbon agar diperoleh spesifikasi baja dengan sifat mekanis yang diperlukan. Pengaruh unsur paduan pada baja sengaja ditambahkan ke dalam baja dengan tujuan untuk mencapai salah satu atau beberapa hal berikut ini (Ashby dan Jones, 1999):

  1. untuk meningkatkan sifat mampu keras (hardenability).
  2. untuk memberikan solution strengthening and precipitation hardening.
  3. untuk memberikan ketahanan korosi.
  4. untuk menstabilkan austenit, memberikan baja yang austenitik (fcc) pada suhu kamar.

Sifat Mampu Las Baja Paduan

Baja banyak dipakai untuk struktur dengan sambungan las karena baja mempunyai sifat mampu las (weldability) yang baik. Sifat mampu las pada baja biasanya dinyatakan dengan Carbon Equivalent (Ceq). Menurut International Institute of Welding, Ceq dinyatakan dengan persamaan : (jumlah persentase unsur dinyatakan dengan % massa). Secara umum baja mempunyai sifat mampu las yang baik jika Cequiv < 0,4. Dengan menggunakan persamaan di atas maka karbon ekuivalen untuk material baja paduan 12Cr1MoV adalah sebesar 0,246. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh unsur paduan pada baja menyebabkan material tersebut memiliki sifat mampu las yang baik.

 

Kata kunci pencarian:

  • baja tahan panas
  • apa yang dimaksud baja tahan panas
  • contoh baja tahan api