Achmad Arifin

Pemesinan CNC CAD/CAM Welding

Menu

Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X

January 10, 2018 | CNC-CAM

Persiapan proses pembubutan dengan menggunakan CNC Turning dapat dilakukan pada aplikasi MasterCAM X. Persiapan tersebut berupa pengaturan parameter pemesinan, pemrograman dan juga pengaturan jenis alat potongnya. Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X relatif mudah dan praktis. Hal penting dalam pengaturan ini khususnya terkait dengan kondisi alat potong yang digunakan. Parameter yang dapat diatur untuk pahat sisipan yang digunakan tersedia pada menu sesudah memilih pemegang pahat sebagaimana dijelaskan pada: Alat potong pada MasterCAM X untuk CNC Turning. Pengaturan parameter pemesinan ini juga harus memperhatikan jenis pekerjaan pembubutan yang dikerjakan. Jenis pekerjaan yang berbeda memperlukan jenis pahat yang berbeda pula. Sehingga parameter pemotongan yang diatur juga harus menyesuaikan. Baca: Alat potong CNC Turning berdasarkan jenis pekerjaannya.

Cara Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X

Jenis pengaturan yang tersedia pada menu tersebut (perhatikan gambar) meliputi nomer pahat, parameter pemotongan, parameter jalur pahat (toolpath), kompensasi pahat, tool clearance, dan penggunaan pendingin (coolant). Parameter pemotongan (cutting parameter) terdiri dari pengaturan harga kecepatan potong (CS), gerak makan (F), dan jumlah putaran spindel (RPM). Penentuan harga masing-masing parameter tersebut harus memperhatikan dasar teori dan perhitungan tentang parameter pemotongan. Pada MasterCAM X menyediakan menu untuk perhitungan tersebut, sehingga operator dapat langsung menggunakannya. Apabila diisi sembarangan, secara simulasi program pada MasterCAM X tidak terjadi masalah. Namun demikian akan menimbulkan masalah ketika program yang dihasilkan nanti dijalankan pada mesin CNC Turning. Masalah yang dimaksud dapat berupa proses penyayatan yang sangat kecil atau terlalu besar sehingga kecelakaan kerja atau kerusakan alat.

Baca:Cara Menentukan Paramater Pemesinan Optimum pada CNC Milling

Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X

Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X yang lainnya adalah toolpath parameter. Pengaturan jalur pahat meliputi harga kedalaman potong dan harga overlap pemotongan. Kedalaman pemotongan sendiri dapat dibedakan menjadi kedalaman pemotongan untuk proses pengasaran (roughing) dan juga kedalaman pemotongan untuk proses finishing. Penentuan besaran kedalaman pemotongan ini juga harus memperhatikan jenis alat potong yang digunakan dan jenis material benda kerja yang dikerjakan. Selain itu besarnya harga overlap pemotongan juga perlu diatur. Besarannya biasanya sama dengan kedalaman pemotongan untuk proses finishing.

Baca: Pemrograman CNC siklus pembubutan pengasaran roughing G71

Menu pengaturan ini juga menyediakan pengaturan untuk pemilihan bentuk dan ukuran sisipan. Selain itu juga menyediakan pemilihan dan pengaturan pemegang pahat yang dapat dilakukan pada jenis pahat yang lain. Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X saling terkait antara satu parameter dengan parameter lainnya. Sehingga pengguna MasterCAM X harus sudah memahami dan menguasai terlebih dahulu dasar teori tentang parameter pemesinan ini. Selain itu juga perlu memahami dengan baik prinsip kerja mesin CNC Turning.

Baca: Prinsip kerja mesin bubut turning machine

Kata kunci pencarian:

  • cara menentukan parameter tool mastercam

Artikel yang relevan dengan Pengaturan parameter pemesinan pada MasterCAM X

Page

    Page

      Page