Achmad Arifin

Pemesinan CNC CAD/CAM Welding

Menu

Ragam Profesi Dalam Bidang Pengelasan

April 28, 2015 | Welding

Bidang pengelasan merupakan salah satu bidang kerja yang memiliki peran penting pada proses manufaktur dan produksi. Banyak jenis pekerjaan dan juga pengetahuan yang terkait dengan proses pengelasan, dari mulai design suatu konstruksi, pelaksanaan produksi atau pengerjaan konstruksi, pemeriksaan hasil penyambungan dan bahkan sampai dengan perawatan dan perbaikan suatu konstruksi akan selalu berkaitan dengan bidang pengelasan.

Kualifikasi welder secara umum dibagi menjadi 4 golongan yaitu : welder atau welding operator, welding supervisor, welding inspector, dan welding engineer.

Welding Operator (Welder)
Welder adalah orang yang bertugas melakukan pekerjaan penyambungan logam menggunakan teknik pengelasan. Klasifikasi welder sendiri dibedakan berdasarkan jenis material yang dilas dan atau jenis pengelasan yang dilakukan. Misal : Plate Welder; adalah welder yang hanya dapat melakukan pengelasan material yang berupa pelat biasanya dari material Carbon Steel. Pipe Welder : adalah welder yang memiliki kemampuan melakukan pengelasan material berupa pipa baik pipa besar maupun pipa kecil (tube). Welder Wet (under water) adalah welder yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses pengelasan dalam kondisi di dalam air.profesi pengelasan

Welding Supervisor
Welding Supervisor adalah orang bertugas mengawasi, mengontrol dan memastikan bahwa pekerjaan pengelasan yang dilakukan oleh welder sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan yang ditentukan. Selain itu Welding Supervisor memiliki tugas dan tanggungjawab merencanakan dan melaksanakan welder test untuk mendapatkan kualifikasi welder yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan pengelasan yang dilakukan. Welder Supervisor juga harus mampu membuat laporan hasil pencapaian pekerjaan pengelasan dan menyiapkan untuk proses pemeriksaan hasil lasan.

Welding Inspector
Welding Inspector adalah orang yang bertugas mengawasi seluruh area pekerjaan yang terkait proses pekerjaan pengelasan baik sebelum, selama dan setelah proses pengelasan. Tugas dan tanggungjawab tersebut diantaranya adalah : memastikan bahwa material yang dilas, persiapan pengelasan, konsumable pengelasan dan kualifikasi welder sudah sesuai dengan WPS (Welding Prosedur Spesification); memonitor proses pemeriksaan hasil lasan serta men-support kinerja welding supervisor. Selain itu juga seorang welding inspector dituntut memiliki kemampuan dalam hal management system, regulasi project, manajemen keselamatan kerja dan pengawasan mutu secara internal maupun eksternal project.

Baca juga: Menjadi Welding Inspector yang Profesional

Welding Engineer
Welding Engineer adalah orang yang bertugas mendesign, menghitung, menentukan jenis sambungan las yang akan di produksi atau dilaksanakan di suatu pekerjaan konstruksi. Detail design sambungan las tersebut tertuang dalam suatu dokumen yang bernama WPS (Welding Procedure Specification). WPS kurang lebih mengatur pemilihan teknik pengelasan, pembuatan prosedur pengelasan, dan spesifikasi filler material, termasuk semua jenis consummable. Welding Engineer juga bertanggung jawab untuk menguji konstruksi /design sambungan las tersebut baik dari segi keandalan dan proses fabrikasi serta ereksi (pemasangan). Welding engineer harus mampu memutuskan jenis material yang akan digunakan pada suatu konstruksi, proses pengelasan yang akan digunakan, kemampuan fasilitas produksi pabrik/perusahaan untuk membangun konstruksi tersebut (termasuk di dalamnya kualifikasi welder dan ketersediaan peralatan pengelasan). Welding engineer juga memiliki kewenangan untuk memberikan persetujuan terhadap urutan proses pekerjaan pengelasan sesuai spesifikasi pekerjaan secara keseluruhan.

Kata kunci pencarian:

  • welder adalah
  • apa itu welder
  • arti welder
  • gaji welding engineer
  • operator welder
  • operator welding adalah
  • tugas dan tanggung jawab welder
  • tugas welder surveyor supervisor & foreman production plant com
  • apa itu operator welding
  • contoh urutan welder

Artikel yang relevan dengan Ragam Profesi Dalam Bidang Pengelasan

Page

    Page

      Page