Ukuran standar ulir segitiga metris dan whitworth

Salah satu jenis ulir yang paling banyak digunakan adalah ulir segitiga. Ulir segitiga ada dua jenis yaitu ulir metris dan ulir withworth. Selain itu ulir segitiga juga dapat berupa ulir tunggal maupun ulir ganda. Ulir segitiga metris dapat diidentifikasi dari ukuran standar ulir segitiga yang berupa diameter mayor dan besar kisar ulirnya. Sebagai contoh M12X1,75 artinya ulir meteris tersebut memiliki diameter mayor/terluar sebesar 12 mm dan memiliki jarak kisar sebesar 1,75 mm. Sedangkan untuk ukuran lainnya, seperti diameter tusuk, diameter minor dan tinggi ulir dapat dihitung berdasarkan besar kisarnya dengan menggunakan rumus perhitungan yang sudah standar. Ciri khusus lainnya dari ulir segitiga metris adalah bahwa sudut puncak giginya sebesar 60O. Ulir dapat bekerja berpasangan berupa ulir luar pada baut dan ulir dalam pada mur, apabila ukuran identifikasinya sama. Baik ulir metris maupun whitworth memiliki nama bagian-bagian ulir yang sama.

Baca: Bagian-bagian ulir segitiga metris dan whitworth

Ukuran standar ulir segitiga metris

Ulir segitiga metris menggunakan ukuran dengan satuan milimeter. Ukuran standar ulir metris dilihat dari besarnya diameter poros ulirnya dan besar jarak kisarnya. Semakin besar ukuran diameternya maka besarnya kisar ulir juga semakin besar. Ukuran standar ulir segitiga metris yang digunakan baik pada baut maupun mur sebagaimana ditunjukkan pada berikut ini.

Ukuran standar ulir segitiga metris

Ukuran standar ulir segitiga whitworth

Selain ulir segitiga metris, pada mesin bubut dapat juga dibuat ulir whitworth. Apabila pada ulir metris menggunakan standar ukuran dengan satuan milimeter, maka pada ulir whitworth menggunakan standar ukuran dalam inchi. Ulir whitworth dapat diidentifikasi melalui besarnya ukuran diameter mayor ulir dan jumlah ulir tiap inchi. Sebagai contoh misalnya untuk ulir whitworth 3/8” artinya diameter ulir adalah sebesar 0,375 inch dengan ulir tiap inchi adalah 16, sehingga besarnya kisar adalah 0,0625”. Ciri khusus lainnya dari ulir segitiga whitworth adalah bahwa sudut puncak giginya sebesar 55O. Ulir whitworth banyak digunakan untuk membuat ulir pada pipa dengan tujuan mencegah kebocoran fluida. Ukuran standar ulir segitiga whitworth pada baut maupun mur sebagaimana ditunjukkan pada berikut ini.

Ukuran standar ulir segitiga whitworth

Cara membubut ulir segitiga baik jenis metris maupun whitworth secara umum juga hampir sama, perbedaannya adalah pada sudut pahat ulir yang digunakan.

Baca: Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubut manual

Kata kunci pencarian:

  • baut ulir whitworth
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1833 nE-7EEIHc28jdeFK3vopWk2g_R2mrmHjeyidouy3WQS2t8j9YLlz66CviMhBlmSj b3cd523ee937f8446db5a2bdb13052d2485ea725&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme

Artikel Terkait

Cara membubut ulir segitiga menggunakan mesin bubu... Pembuatan ulir segitiga dengan menggunakan mesin bubut manual harus memperhatikan beberapa hal, yaitu sudut pahat, setting pahat dan benda kerja serta...