Welder GTAW adalah pilihan karir yang sangat menguntungkan

Menjadi Welder atau juru las adalah karir yang sangat menggiurkan, khususnya sebagai welder GTAW (Gas Tungsten Arc Welding). Jika Sobat Mesin sudah menjadi Welder TIG (Tungsten Inert Gas) atau GTAW yang berpengalaman, atau jika diantara Sobat Mesin yang lainnya ingin menjadi juru las TIG/GTAW, pada artikel ini akan disampaikan beberapa hal untuk dipertimbangkan. Welder TIG yang baik dapat menjadikan kehidupan ekonomi yang sangat baik, atau dengan kata lain akan mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Sebagai contohnya adalah welder underwater, silahkan baca Tugas dan Tanggungjawab serta Gaji bagi seorang Welder Underwater

Proses pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) membutuhkan keterampilan tingkat tinggi, itulah salah satu alasan mengapa Welder GTAW dibayar dengan gaji tinggi. Welder GTAW tidak hanya harus memanipulasi senter dan mempertahankan lengkungan busur yang ketat, tetapi ketika menggunakan logam pengisi, seorang welder GTAW juga harus mengumpankan batang pengisi ke dalam cairan las dengan tangan kiri, dimana ini adalah hal yang cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Selain itu, jika proses pengelasan menggunakan peralatan pendingin air, maka welder GTAW harus menggunakan rheostat untuk memulai aliran busur dan gas. Biasanya, ini menggunakan pedal kaki atau saklar pada torch TIG. Selain itu, welder juga harus mampu memperhatikan logam las saat kondisi cair dan mengikuti 5 hal penting pengelasan, yaitu: ukuran elektroda, arus, panjang busur, kecepatan pergerakan torch dan sudut posisi elektroda. Semua hal ini harus dilakukan agar dapat menghasilkan lasan yang berkualitas.

Baca juga: Macam-macam pengelasan dan prinsip kerjanya

Jadi, ada banyak hal yang terjadi dan juga dilakukan secara bersamaan ketika seorang welder mengelas dengan proses TIG. Welder harus memiliki konsentrasi yang sangat tinggi, mirip dengan meditasi. Kemudian, jika Anda mengelas pipa, menggunakan teknik tangan bebas (free-hand technique) atau berjalan di cangkir (walking the cup), maka bagi kebanyakan orang itu menjadi lebih sulit. Saya katakan untuk kebanyakan orang karena, pengelasan adalah keterampilan, dan sama seperti atlet, ada yang bersifat alami, dan beberapa harus bekerja sedikit lebih keras untuk mengasah keterampilan itu.

welder GTAW

Untuk saat ini, saya hanya ingin memberi Anda gambaran tentang proses dan berbicara sedikit tentang banyak manfaat dan penghargaan yang terkait dengan proses ini. Hanya ada sedikit kekurangan untuk GTAW. Yang paling penting untuk dipikirkan adalah Ini tidak terlalu portabel. Satu lagi yang perlu dipertimbangkan adalah Ini adalah pengelasan GTAW merupakan proses pengelasan yang lebih lambat. Kondisi angin dan cuaca dapat mempengaruhi pengelasan. Ini mungkin benar, tetapi manfaatnya jauh lebih besar daripada kerugiannya.

TIG super-kuat, menggunakan argon atau helium atau campuran keduanya sebagai pelindung untuk melindungi zona las. Tidak ada slag, jadi manik las yang diendapkan dengan benar memiliki kesempatan lebih sedikit untuk mengalami diskontinuitas atau cacat. Filler metal tidak selalu diperlukan, tanpa filler metal disebut autogenous welding. Busur dan lasan kolam jelas terlihat oleh tukang las. Tidak ada logam pengisi yang dibawa melewati busur, jadi hanya ada sedikit percikan atau tidak sama sekali.

Pulsing dapat digunakan untuk mengurangi input panas dan memberikan kontrol yang lebih besar kepada tukang las, terutama berguna pada logam tipis atau logam eksotis seperti baja tahan karat, Inconel, Monel, Hastelloy, dll. Dan tentu saja, pengelasan dapat dilakukan di semua posisi. Ini sangat estetis untuk dilihat. Hal lain tentang TIG adalah sangat serbaguna dan Anda dapat mengelas hampir semua logam, pada kenyataannya, itu pertama kali dikembangkan untuk industri Aerospace untuk pengelasan magnesium. Ketika dilakukan dengan benar, itu adalah las yang sangat cantik dan menarik.

Baca juga: Welding Inspector yang Profesional

Jadi, jika Anda mempertimbangkan las TIG sebagai karier, dan berpikir Anda memiliki apa yang diperlukan, maka saya sarankan untuk mendapatkan beberapa pelatihan lanjutan berkualitas. Beberapa tempat pelatihan yang bagus adalah di BLK Pasar Rebo Jakarta Timur, atau juga bisa menghubungi ke Workshop Pengelasan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT-UNY. Pelatihan hebat, dan banyak praktik langsung, itulah yang diperlukan untuk membawa Anda ke tingkat keterampilan yang dapat dipekerjakan di mana Anda dapat memperoleh upah rata-rata di atas langsung. Setelah memiliki pengalaman beberapa tahun di lokasi proyek, maka Anda dapat menghasilkan $ 25 – $ 45 per jam atau lebih (silahkan di-kurs ke rupiah sesuai nilai tukar saat ini), tergantung pada tingkat keterampilan Anda, lokasi, jenis aplikasi dan apakah Anda muncul untuk bekerja tepat waktu. Dengan perhitungan gaji per-jam (iya hitungan gajinya adalah basis JAM) Gaji welder GTAW memang sangat menggiurkan, jadi tunggu apa lagi. Sudah siapkah Sobat Mesin untuk menjadi Welder GTAW yang berkualitas…?

Mengenai gaji welder selengkapnya dapat dibaca: Gaji welder berdasarkan kualifikasinya